Lumbung Berita
NEWS TICKER

Karang Taruna Prigen Berikan Bantuan Langsung ke Pengungsi Semeru

Minggu, 12 Desember 2021 | 4:54 pm
Reporter: Indra
Posted by: Redaksi

Lumajang_Lumbung-berita.com
Bantuan untuk korban erupsi Gunung Semeru terus mengalir. Yang terbaru, Karang Taruna Kecamatan Prigen hadir langsung ke Lumajang untuk memberikan bantuan, Minggu (12/12/2021).

Karang Taruna Prigen tak sendirian. Bersamanya ikut serta rombongan Konfederasi Serikat Buruh Seluruh Indonesia, DPC dan PK F Lomenik Kabupaten Pasuruan, serta Karang Taruna Jati Muda Karang Jati, Pandaan.

Selama di Lumajang, rombongan memberikan bantuan kepada pengungsi di dua titik. Pertama di Dusun-Desa Penanggal, Kecamatan Candipuro. Yang kedua di Dusun Curah Kobokan, Desa Supiturang, Kecamatan Pronojiwo.

Barang bantuan berupa pakaian layak pakai, pakaian dalam, perlengkapan ibadah, perlengkapan-kebutuhan bayi, makanan cepat saji, minuman dalam kemasan, dan perlengkapan tidur sukses tersalurkan.

Bahkan, saat berada di Dusun Curah Kobokan, rombongan membagikan bantuan ke pengungsi secara langsung, door to door. Tiap-tiap tempat pengungsian, mereka datangi dan bagikan bantuan.

“Kami sangat prihatin, karena rumah, harta, ternak, semua terpendam. Ada juga orang terkaya di sini yang hartanya habis semua, anak-mantu-istri-cucu meninggal, tinggal suami. Sekarang kondisinya stroke,” ujar Ketua Karang Taruna Kecamatan Prigen, Akhmad Soim.

Tak hanya membagikan bantuan, pria yang akrab disapa Soim ini juga mengaku mendapatkan hikmah dari curhatan dan cerita para pengungsi.

“Ada anak kecil laki-laki terpendam tujuh hari selamat, tidak ada luka. Ada juga satu rumah yang terkena dampak tetapi malah tidak tersentuh abu sama sekali. Ternyata setelah ditelusuri, rupanya si pemilik rumah ahli salat jemaah 5 waktu,” terangnya.

Usai melihat secara langsung kondisi pengungsian, Ketua Korwil KSBSI Jatim ini menyarankan kepada para donatur untuk mengurangi donasi pakaian bekas. Pengungsi saat ini, lanjutnya, membutuhkan bantuan uang dan bumbu-bumbu siap saji.

“Disarankan tidak membawa pakai bekas. Kebutuhan pengungsi kini berganti. Pengungsi lebih butuh dana segar, bumbu siap saji, dan bahan makanan siap masak,” pungkasnya.

Jurnalis: Indra

Berita Lainnya

PT.REDAKSI LUMBUNG BERITA 
error: Content is protected !!