Lumbung Berita
NEWS TICKER

Dukungan Tokoh Agama Kota Pasuruan untuk KTT G-20 di Bali

Rabu, 9 November 2022 | 5:42 pm
Reporter:
Posted by: Redaksi

Pasuruan_Lumbung-berita.com
Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 Ke-17 yang akan diselenggarakan di Bali pada 15 s/d 16 November 2022, merupakan ajang Internasional yang mampu meningkatkan kredibilitas bangsa dan juga sebagai tolak ukur keberhasilan Polri dalam pengamanan Internasional.

Seluruh mata dunia akan tertuju dalam pergelaran Internasional ini, dimana para pemimpin tinggi dunia akan hadir didalamnya seperti Presiden Amerika Serikat Joe Biden dan Presiden Republik Rakyat Tiongkok Xi Jinping.

KTT G20 yang diselenggarakan di Pulau Dewata kali ini merupakan puncak dari proses dan usaha yang intensif dari seluruh alur kerja G20 (Pertemuan Tingkat Menteri, Kelompok Kerja, dan Engagement Groups) selama setahun keketuaan Indonesia dan kali ini mengangkat isu Finance Track dan Sherpa Track.

Apakah itu isu Finance Track? adalah membahas tentang masalah yang berhubungan dengan keuangan antara lain :
1. Kebijakan fiskal:
2. Moneter dan riil:
3. Investasi infrastruktur:
4. Regulasi keuangan:
5. Inklusi keuangan:
6. Perpajakan internasional.

Sedangkan Sherpa Track merupakan bahasan yang mencakup lebih luas lagi yaitu :
1. Anti korupsi:
2. Ekonomi digital:
3. Lapangan kerja:
4. Pertanian:
5. Pendidikan;
6. Urusan luar negeri:
7. Budaya:
8. Kesehatan:
9. Pembangunan:
10. Lingkungan:
11. Pariwisata:
12. Energi berkelanjutan:
13. Perdagangan, investasi dan industri:
14. Pemberdayaan perempuan.

Tidak hanya untuk kepentingan dari para Negara peserta KTT G20 saja yang ingin dapat merasakan hasil dari pembahasan tersebut, namun juga pada tingkat wilayah seperti Pasuruan menginginkan atas dampak perubahan sebagai mana yang disampaikan oleh salah satu tokoh agama di Pasuruan.

KH M. Nailur Rohman atau yang lebih dikenal dengan sapaan Gus Amak mengungkapkan harapannya agar hasil yang dicapai berdampak langsung pada pembangunan ekonomi di Indonesia, pembukaan lapangan kerja dan peningkatan transformasi digital untuk bangsa Indonesia khususnya dan dunia pada umumnya dan mudah-mudahan kita semua bisa bangkit sebagai mana tema yang diusung oleh KTT G20 kali ini yaitu “Recover Together, Recover Stronger.”

Senada dengan apa yang telah diutarakan oleh Gus Amak, Drs. H. Abu Nasir, M.Ag selaku Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kota Pasuruan juga mengungkapkan hal yang sama yaitu dukungan dan harapan atas terselenggaranya KTT G20 agar bisa membawa dampak perubahan, dapat mengendalikan dan mengatasi krisis ekonomi global serta menghasilkan kebijakan fiskal yang berkeadilan untuk seluruh bangsa dan bisa memperbaiki infrastruktur yang ada.

Harapan yang mewakili warga Kota Pasuruan tersebut merupakan cerminan dari keinginan untuk mewujudkan perubahan yang nyata dalam kehidupan berbangsa dan bernegara hingga menciptakan kestabilan ekonomi serta ketertiban dunia.

Tak luput dari itu semua, Polri sebagai pelindung, pengayom dan pelayan masyarakat merasa perlu mengamankan perhelatan Internasional tersebut, mulai dari proses pengambilan kebijakan hingga hasil dari kesepakatan yang telah diambil dalam KTT G20.

Dalam amanat yang disampaian Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo dalam Apel Gelar Pasukan Operasi Puri Agung 2022 di Lapangan Puputan Margarana Niti Mandala, Denpasar Bali, Senin (7/11/22). Beliau mengatakan agar seluruh jajarannya yang terlibat dalam pengamanan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 bekerja profesional dan penuh tanggung jawab demi menjaga kredibilitas bangsa di mata dunia.

Kapolri juga berpesan untuk melakukan langkah-langkah pegamanan kepolisian secara humanis. Namun tetap tegas berdasarkan asas profesional, proporsional, dan akuntabilitas.

Jurnalis : Zeand.

Berita Lainnya

PT.REDAKSI LUMBUNG BERITA 
error: Content is protected !!