Lumbung Berita
NEWS TICKER

PENGARUH PENGGUNAAN APLIKASI SIPRAJA TERHADAP KEMUDAHAN PELAYANAN MASYARAKAT DI KANTOR KELURAHAN BULUSIDOKARE, SIDOARJO

Rabu, 13 Juli 2022 | 6:00 am
Reporter:
Posted by: Redaksi

Sidoarjo,lumbung-berita.com

Pemerintah mempunyai peranan penting untuk menyediakan layanan publik yang prima bagi semua penduduknya sesuai yang telah diamanatkan dalam Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang pelayanan publik. Pelayanan publik adalah kegiatan atau rangkaian kegiatan dalam rangka pemenuhan kebutuhan pelayanan sesuai dengan peraturan perundang-undangan bagi setiap warga negara dan penduduk atas barang, jasa dan atau pelayanan administratif yang disediakan oleh penyelenggara pelayanan publik.

Pelayanan publik menjadi suatu tolok ukur kinerja pemerintah yang paling kasat mata. Masyarakat dapat menilai langsung kinerja pemerintah berdasarkan pelayanan yang diterimanya.Pemerintah sebagai penyedia layanan publik yang dibutuhkan oleh masyarakat harus bertanggung jawab dan terus berupaya untuk memberikan pelayanan yang terbaik demi peningkatan pelayanan publik.

Inovasi teknologi berupa aplikasi berbasis pelayanan publik menjadi suatu terobosan untuk mempermudah masyarakat dalam pengurusan administrasi di beberapa kantor pemerintahan. Namun yang menjadi sebuah permasalahan adalah tingkat melek teknologi masyarakat yang seringkali merasa kesulitan dalam mengakses website atau aplikasi yang belum pernah mereka gunakan sebelumya. Sebuah inovasi teknologi berupa aplikasi berbasis pelayanan publik menjadi sebuah hambatan apabila masyarakat yang belum melek teknologi dipaksa mengerti untuk menggunakan aplikasi tersebut dalam mengurus administrasi di Kantor Kelurahan, khususnya para lansia.
Menurutnya, sebaiknya pemerintah setempat melakukan sosialisasi dan bimbingan kepada masyarakat mengenai aplikasi berbasis pelayanan publik, khususnya Sipraja agar masyarakat mampu mengoperasikan jenis layanan sesuai kebutuhan. Selain itu, petugas kelurahan juga menyediakan layanan manual kepada kaum lansia yang sangat sulit untuk menyesuaikan era android seperti saat ini. Sehingga seluruh elemen masyarakat dapat terlayani dengan baik dan efektif,”jelas aviyah.

Baca Juga : klik disini  Wakil Walikota Pasuruan Apresiasi Pemusnahan Miras dan Knalpot Brong Jelang Nataru 2021

Penerbit : red

Berita Lainnya

PT.REDAKSI LUMBUNG BERITA 
error: Content is protected !!