Lumbung Berita
NEWS TICKER

YK2MP Soroti Kades di Kabupaten Pasuruan, Netral kah di Pemilu 2024

Selasa, 6 Februari 2024 | 10:23 am
Reporter:
Posted by: Redaksi

 


Pasuruan_Lumbung-berita.com
Menjelang Pemilu 2024, netralitas Kepala Desa (Kades) di Kabupaten Pasuruan menuai sorotan dari pemantau pemilu Yayasan Keadilan dan Kesejahteraan Masyarakat Pasuruan (YK2MP), Selasa (06/02/2024).

Tatok selaku ketua YP2MP saat di konfirmasi menuturkan, sorotan ini bermula ketika beredar sebuah video dari beberapa Kades di Kabupaten Pasuruan, yang mengatasnamakan Asosiasi Kepala Desa (AKD).

Menurut Tatok, narasi dalam video berisi sebuah ucapan Terima kasih kepada Jokowi yang berbunyi: “Kami Kepala Desa se-Kabupaten Pasuruan mengucapakan Terima Kasih kepada Bapak Jokowi, sekaligus tegak lurus kepada Bapak Jokowi”.

Menurut pria yang berdomisili di Kecamatan Purwosari, ini kan seperti ada tendensi mendukung salah satu Capres di Pemilu 2024, yang jadi pertanyaan kami, maksud dari tegak lurus kepada Jokowi itu seperti apa.

“Apalagi ini kan tahun-tahun politik, tak hanya itu, kemarin malam senin 5 Februari 2024 kami juga memperoleh informasi, yang mana akan ada pertemuan seluruh AKD di wilayah Pandaan,” kata ketua YP2MP.

“Berdasarkan salinan undangan yang kami terima, setiap AKD membawa 6 Kades diwilayah masing masing. Setelah melakukan penelusuran ke lokasi yang di maksud, malah terlihat sepi dan tak nampak adanya sebuah rapat koordinasi, sesuai dengan jam yang tertera didalam undangan,” ucap Tatok.

Ternyata, tambah pria berkulit bersih ini, koordinasi bukan di tempat yang tercantum seperti di undangan namun di tempat lain, ini memperkuat dugaan kami bahwa kemungkinan ada yang memobilisasi para kades agar mendukungan ke salah satu Capres.

“Apalagi beberapa waktu yang lalu ketua Bawaslu Kabupaten Pasuruan berstetmen adanya dugaan indikasi awal, yang mengarahkan kades bersikap tidak netral dan mendukung salah satu Calon Presiden,” jelas Tatok yang juga seorang Lawyer.

Sementara itu ketua AKD Kabupaten Pasuruan, H. Alim, mengatakan, kemarin itu rapat koordinasi tentang Prolegnas UU Desa no 6 tahun 2014 tentang Masa Jabatan Kades 9 tahun dengan 2 x Pilkades. Masa Jabatan BPD, Usulan Perangkat Desa masuk ASN serta usulan Siltap Kades dan siltap BPD serta Siltap Perangkat Desa.

“Agar di tangani langsung dari pemerintah, sehingga teman-teman siltapnya bisa langsung tiap bulan bukan menunggu kalau sudah pencairan dana transfer desa seperti ADD,” ungkap H. Alim.

Berkenaan dengan ucapan terima kasih ke Jokowi itu karena 2 bulan yang lalu kita AKD, Pabdesi dan lainnya, semua telah diterima Jokowi di Istana Presiden dan sepertinya masa jabatan kades akan dikembalikan ke masa jabatan 8 tahun itu saja.

“Sehingga muncul ide teman-teman Kades untuk mengucapkan terima kasih ke Bapak Jokowi, serta tegak lurus kepada beliau karena akan mengembalikan masa jabatan kades, BPD dan kabar ASN untuk Perangkat Desa,”tutup H. Alim.

Jurnalis : SH.

Berita Lainnya

PT.REDAKSI LUMBUNG BERITA 
error: Content is protected !!