Lumbung Berita
NEWS TICKER

Dukung Penyembuhan Tradisional, FPK Bagikan Taliasih di Surabaya

Minggu, 17 Juli 2022 | 9:51 am
Reporter: Indra
Posted by: Redaksi

Surabaya_Lumbung-berita.com
Forum Pamong Kebudayaan (FPK) Jawa Timur mendukung kegiatan Penyembuhan Tradisional yang digelar oleh komunitas Santri Budaya Nusantara, di Lontar Lakarsantri, Surabaya, Minggu (17/6/2022).

Selain menggelar penyembuhan gratis, di tempat ini juga dilaksanakan khitanan masal yang diikuti lebih kurang 50 anak dari keluarga kurang mampu.

Koordinator Santri Budaya Nusantara, Saiful, menyebutkan, acara ini adalah wujud bakti budayawan kepada masyarakat yang membutuhkan terutama terkait dengan kesehatan dan putranya yang belum dikithan.

Lebih lanjut Abi Iful, panggilan akrab Saiful, mengatakan acara ini juga sebagai bukti kebersamaan antar para terapis dan juga budayawan yang ada di Jawa Timur.

“Acara ini tergelar atas partisipasi dari para budayawan khusunya yang menekuni penyembuhan tradisional” ujar penggagas acara ini.

Sementara itu, Ketua FPK Jatim, Ki Bagong Sabdo Sinukarto mengapresiasi upaya semua komponen masyarakat yang bergerak di bidang Obyek Pemajuan Kebudayaan (OPK), salah satunya adalah Pengetahuan Tradisional.

Bahkan Bagong memaparkan jika dirinya kurang sepakat dengan istilah “Pengobatan Alternatif” untuk menyebut penyembuhan tradisional, dikarenakan dalam metode ini sama sekali tak menggunakan obat.

Baca Juga : klik disini  Kolaborasi Pelatihan Karya Foto Jurnalistik Pecinta Alam Untuk Siswa SMA dan SMK

Kedepannya, ia berharap sebisa mungkin, tidak menganggap penyembuhan ini sebagai alternatif tapi penyembuhan tradisional.

“Para terapis ini tidak menggunakan obat dalam metode penyembuhan, tetapi memanfaatkan ilmu dari leluhur serta memanfaatkan alam sebagai apotik,” ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut, FPK membagikan bingkisan berupa Susu dan makan sehat serta uang saku untuk peserta khitan.

Jurnalis: Indra

Berita Lainnya

PT.REDAKSI LUMBUNG BERITA