Lumbung Berita
NEWS TICKER

Prabu Airlangga dan Dewi Laksmi Hadir di Candi Belahan

Minggu, 28 Agustus 2022 | 12:00 pm
Reporter:
Posted by: Redaksi

Pasuruan_Lumbung-berita.com
Warga Desa Wonosunyo, Kecamatan Gempol, Kabupaten Pasuruan, siang tadi (28/8/2022), heboh. Pasalnya Prabu Airlangga dan Dewi Laksmi hadir di pelataran kolam Sumber Tetek Candi Belahan.

Dua tokoh sejarah kerajaan itu rupanya lakon dalam teatrikal Ruwat Agung Patirtan yang berjudul “Airlangga, Sang Wisnu Ngejawantah”. Acara ruwat ini melengkapi gelaran sedekah bumi di desa setempat.

Mulai siang hingga malam nanti warga Wonosunyo dihibur dengan berbagai kesenian Jawa. Diantaranya kirab ancak, ruwat agung patirtan, teatrikal, ujung, tayuban dan ludruk.

Khusus teatrikal, panitia acara menggandeng Forum Pamong Kebudayaan (FPK) Jatim dan Pasuruan untuk konsep dan teknis pementasan.

“Kami membantu mengonsep acara teatrikal. Sedangkan pemainnya, seluruhnya putra-putri Dusun Belahan Jowo, Desa Wonosunyo,” terang Ketua FPK Pasuruan, Fauzan.

Dalam teatrikal tersebut, diceritakan perjalanan asmara antara Prabu Airlangga dengan Dewi Laksmi. Ketika ada prahara, Dewi Laksmi mati. Sang Prabu kemudian membuat penanda dengan nama Candi Belahan.

“Cerita ini kami pilih karena sesuai dengan momen ruwatan. Yaitu menggambarkan sejarah berdirinya Candi Belahan,” tukasnya.

Baca Juga : klik disini  Jualan Seragam Sekolah, SMPN 3 Bangil Didemo Pegiat Sosial

Sementara itu, Ketua Panitia Sedekah Bumi, Khoirul Anam menerangkan acara tahun ini lebih semarak daripada tahun kemarin. Penyebabnya, tak ada lagi PPKM di Pasuruan.

“Kalau tahun kemarin kan masih PPKM. Kami hanya menggelar tumpengan secara sederhana. Kalau tahun ini, beda. Makanya warga sangat antusias,” bebernya.

Pria yang juga anggota BPD Wonosunyo itu melanjutkan, sedekah bumi ini sebagai wujud rasa syukur masyarakat Dusun Belahan Jowo atas nikmat dari Tuhan.

“Ini sebagai wujud syukur masyarakat atas apa yang sudah diberikan oleh Allah SWT. Salah satunya berbentuk limpahan rezeki,” paparnya.

Untuk itu ia berharap, tahun depan sedekah bumi di Candi Belahan akan lebih meriah lagi. Sehingga Candi Belahan makin kesohor dan meningkatkan jumlah pengunjung.

“Semoga tahun depan lebih semarak dan Sumber Tetek lebih maju, lebih berkembang dan tak kalah dengan destinasi wisata lainnya,” tutupnya.

Sepantauan awak media, dalam kegiatan ini juga dihadiri oleh nama-nama kondang. Seperti Anggota DPRD Kabupaten Pasuruan, Disbudpar Jatim, Muspika Gempol, dan Ketua FPK Jatim.

Baca Juga : klik disini  Ngeri, SMAN 1 Kejayan Pungut Biaya Sebesar Rp1,24 Juta

Jurnalis: Indra

Berita Lainnya

PT.REDAKSI LUMBUNG BERITA 
error: Content is protected !!