Lumbung Berita
NEWS TICKER

Awali 2023, Ketua FPK Jatim Motivasi Seniman untuk Tetap Berkarya

Minggu, 1 Januari 2023 | 3:04 pm
Reporter:
Posted by: Redaksi

Mojokerto_Lumbung-berita.com
Memasuki 2023, Ketua Forum Pamong Kebudayaan (FPK) Jatim, Ki Bagong Sabdo Sinukarto, memotivasi para seniman dan budayawan untuk terus berkarya.

Motivasi ini disampaikan saat menghadiri pertunjukan pencak dan bantengan Laskar Gunung Jati di Desa Sumber Girang, Kecamatan Puri, Kabupaten Mojokerto, Minggu (1/1/2023).

“Para Seniman dan Budayawan harus terus berkarya demi kemajuan dan berkembangnya kebudayaan daerah,” ujarnya pria yang akrab disapa Ki Bagong tersebut.

Selain itu, ia juga berpesan, agar dalam berkarya tidak ditunggangi kepentingan politik. Pasalnya, lanjutnya, politik praktis dapat berdampak terpecah belahnya para seniman.

“Sudah banyak contoh kasusnya, hanya karena beda partai politiknya, seniman terpecah belah. Saya harap ini tidak terjadi,” pesannya.

Bahkan, ia mengibaratkan nasib seniman seperti Daun Salam. Dicari dan dibutuhkan ketika akan memasak, lalu dibuang setelah masakan itu jadi.

“Nasib seniman di tahun politik seperti ini, tak ubahnya seperti daun salam, dicari ketika akan memasak, dan dibuang setelah masakan itu jadi,” ujarnya yang langsung disambut tepuk tangan ratusan penonton.

Sementara itu, Ki Wiro Kandeg, Ketua Yayasan Tlasih 87 Mojokerto mengatakan, acara ini digelar tidak saja untuk memberi ruang berkarya bagi seniman tradisi, tapi juga untuk mengangkat ekonomi masyarakat di sekitar lokasi kegiatan.

Bahkan seluruh komponen masyarakat Dusun Sumber Tempur merasakan dampaknya, seperti dari parkir kendaraan untuk pemasukan kas.

“Alhamdulillah dampaknya sangat luar biasa, dari sisi budaya maupun ekonomi masyarakat, ibarat sekali dayung, dua tiga pulau terlampaui,” pungkas salah satu tokoh Pencak Perisai Diri ini.

Jurnalis: Indra

Berita Lainnya

PT.REDAKSI LUMBUNG BERITA 
error: Content is protected !!