Lumbung Berita
NEWS TICKER

Dalam Rangka menyambut Hari sumpah Pemuda Ke 94 Aparatur Pemerintah Desa Bersama Peserta KKN IAI DALWA dan Babinsa Kecamatan Purwosari Mengadakan Kerja Bakti

Jumat, 28 Oktober 2022 | 2:47 am
Reporter:
Posted by: Redaksi

Pasuruan,lumbung-berita.com

Dalam Rangka menyambut Hari sumpah pemuda yang ke 94 tahun desa Karangrejo mengadakan bakti sosial bersama Babinsa Purwosari, Peserta KKN IAI Dalwa Bangil Pasuruan dan perangkat desa, Kali ini bakti sosial terpusat di wilayah Kantor Desa Karangrejo dengan membersihkan saluran Air dan rumput di jalan Utama.

Muhammad Rasydan salah satu peserta KKN IAI Dalwa Bangil menyambut baik,” Alkhamdullilah kita dapat melaksanakan kegiatan bersama agar dapat menumbuhkan rasa solidaritas dalam memupuk dan membangun rasa cinta kita kepada negara yang kita cintai dengan cara gotong royong untuk bersama-sama membersihkan di lingkungan desa dan jalan.” tuturnya. jumat, 28/10/2022.

Peringatan Hari Sumpah Pemuda merupakan tonggak kesadaran untuk bersatu dalam Tanah Air, Bangsa dan Bahasa. Tak hanya itu, Hari Sumpah Pemuda juga menjadi awal perjuangan untuk meraih kemerdekaan Indonesia,”imbuhnya.

Mengutip berbagai sumber, peringatan Sumpah Pemuda ini diawali pada Kongres Pemuda I pada 30 April-2 Mei 1926. Akan tetapi, saat itu rasa persatuan dan kesatuan belum terasa. Kemudian Kongres Pemuda kembali diselenggarakan pada 1928. Kongres Pemuda II digelar pada 27-28 Oktober 1928 

Pada kongres tersebut, kepanitiaan Kongres Pemuda II dipimpin oleh Sugondo Djojopuspito dari PPPI (ketua), Djoko Marsaid dari Jong Java (wakil ketua), Mohammad Yamin dari Jong Sumatranen Bond (sekretaris) dan Amir Sjarifudin dari Jong Batak. Pada kongres ini pula terasa rasa persatuan dan nasionalisme.

Pada kongres itu pula menghasilkan keputusan para pemuda berikrar bertumpah darah satu, tanah air Indonesia, berbangsa satu, Bangsa Indonesia dan menjunjung bahasa persatuan, Bahasa Indonesia.

Inilah yang membuat kita merasa memiliki jiwa nasionalisme yang tinggi dalam mengimplikasikan suatu lewat kesadaran masyarakat bersama.

 

jurnalis : mr

red : red

Berita Lainnya

PT.REDAKSI LUMBUNG BERITA 
error: Content is protected !!