Lumbung Berita
NEWS TICKER

Tiga Pokok Bahasan Dalam Musyawarah Masyarakat Desa Terkait Dengan Kesehatan Lingkungan

Kamis, 24 November 2022 | 5:01 am
Reporter:
Posted by: Redaksi

 

Pasuruan,lumbung-berita.com

Musyawarah Masyarakat Desa (MMD) pertemuan perwakilan warga desa beserta tokoh masyarakatnya dan para petugas untuk membahas hasil Survei dan merencanakan penanggulangan masalah kesehatan yang diperoleh dari hasil survei.

Dalam Musyawarah Masyarakat Desa (MMD) ini bertujuan supaya masyarakat mengenal masalah kesehatan di wilayah dan lingkungan ikut serta dan sepakat untuk menanggulangi  masalah kesehatan melalui pelaksanaan Desa Siaga Aktif.

MMD dihadiri oleh Kepala Desa Karangrejo , Perangkat Desa, Tokoh Agama, Pemuka masyarakat desa, petugas Puskesmas dan sektor terkait di tingkat kecamatan,Tokoh masyarakat,lembaga Pendidikan dan Kader MMD kegiatan dilaksanakan di Balai Desa Karangrejo Kecamatan Purwosari Kabupaten Pasuruan Kamis, ( 24/11/22 ).

Acara Pembukaan oleh Kepala Desa dengan menguraikan tujuan MMD dan menghimbau seluruh peserta agar aktif mengemukakan pendapat dan pengalaman sehingga membantu pemecahan masalah yang dihadapi bersama, dalam kesempatan ini Kepala Desa menyampaikan bahwa problem sampah yang sangat urgent dan perlu ada tingkat kesadaran bagi masyarakat, untuk tahun depan 2023 ada super prioritas untuk penanggulangan terkait Sampah,”sambut Ahmad Fauzi.

Baca Juga : klik disini  Hadiri Maulid Nabi, Gus Ham Bertemu Danlanud Muljono Surabaya

Kepala Puskesmas Karangrejo dr.Titin menyampaikan terima kasih kepada Kepala Desa Karangrejo karena sudah berusaha semaksimal mungkin untuk Relokasi Puskesmas karangrejo ketempat yang lebih luas dan juga menghibahkan Tanah Kas Desa untuk kepentingan umum, saya sudah kordinasi dengan Wakil Bupati Pasuruan dan juga Dinas Kesehatan bahwa untuk anggaran sudah siap,”sambut Kepala Puskesmas.

Perumusan dan penentuan prioritas masalah kesehatan atas dasar pengenalan masalah kesehatan dan hasil SMD dilanjutkan dengan rekomendasi teknis dari petugas kesehatan dan Kader.

Ada tiga hasil SMD diantaranya terkait Rokok, Sampah dan Jamban dari beberapa masalah dan juga solusi minimal untuk mengurangi terkait masalah dari hasil temuan dengan melakukan sosialisasi terkait dampak negatif bagi perokok, Melakukan tindakan langsung yang di mulai dari tingkat RT untuk masalah Sampah, mengajukan kedinas Perumahan dan pemukiman untuk jambanisasi,”jelas Wulan Pemateri dari Puskesmas Karangrejo.

Acara berjalan lancar dan di tutup dengan rama tamah.

Penerbit :red

Berita Lainnya

PT.REDAKSI LUMBUNG BERITA