Lumbung Berita
NEWS TICKER

Wabup Pasuruan Hadiri Sosialisasi soal Pangan di Desa Bakalan

Kamis, 22 September 2022 | 1:20 pm
Reporter:
Posted by: Redaksi

 

Pasuruan_Lumbung-berita.com
Dalam rangka mendukung upaya Pemenuhan pangan yang bergizi bagi masyarakat Desa Bakalan, Kecamatan Purwosari ini melakukan sosialisasi pelatihan olahan pangan beragam seimbang dan aman (B2SA).

Kegiatan dilaksanakan di balai Desa Bakalan itu dibuka langsung Wakil Bupati (Wabup) Pasuruan, Mujib Imron, Kamis (22/9/2022). Hadir dalam kegiatan Camat Purwosari, Ketua Tim Penggerak PKK Kecamatan serta perwakilan dari Dinas Pertanian juga lainnya.

Dalam sambutannya, sapaan Gus Mujib ini menyampaikan kalau keterbatasan upaya pemenuhan bahan pangan baik dari ketersediaan pangan, sering menjadi alasan tidak tercukupinya kebutuhan gizi keluarga.

Padahal, tambah Gus Mujib, keluarga dapat memanfaatkan hasil pekarangan sebagai salah satu sumber potensial penyedia bahan pangan yang bernilai gizi.

“Rendahnya aksesibilitas pangan untuk memenuhi kebutuhan pangan wilayah mengancam penurunan konsumsi makanan yang beragam, bergizi-seimbang dan aman di tingkat rumah tangga. Pada akhirnya akan berdampak pada semakin beratnya masalah kurang gizi masyarakat, terutama pada kelompok rentan yaitu ibu, bayi dan anak.” urai Gus Mujib.

Baca Juga : klik disini  HUT ke-1 LSM Penjara Indonesia DPC Malang Raya, ini kata Ketua DPC..!

Ia (Wabup), berharap agar setiap keluarga mampu memahami arti konsumsi pangan dan mengambil manfaat dari kegiatan sosialisasi dan pelatihan olahan pangan lokal.

Sementara itu Kepala Desa (Kades) Bakalan, Ahmad Abdulloh, menuturkan bahwa ini merupakan hal yang sangat penting didalam menjaga kualitas dan derajat kesehatan.

“Jika dilihat dari kepentingan kemandirian pangan, maka kegiatan sosialisasi dan pelatihan ini dapat meningkatkan akses pangan keluarga secara baik dan berdaya, guna dengan memanfaatkan kearifan lokal,” ucap sapaan Cak Mat.

Kegiatan sosialisasi di balai Desa Bakalan, Kecamatan Purwosari, Kabupaten Pasuruan berjalan dengan nyaman.

Jurnalis : Samhuri.

Berita Lainnya

PT.REDAKSI LUMBUNG BERITA 
error: Content is protected !!