Lumbung Berita
NEWS TICKER

Warga Sumbersuko Rayakan Kemerdekaan dengan Karnaval Budaya

Senin, 12 September 2022 | 3:32 pm
Reporter:
Posted by: Redaksi

Pasuruan_Lumbung-berita.com
Agustus memang sudah berlalu, tetapi perayaan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-77 tetap menyala.

Yang terbaru, perayaan kemerdekaan digelar di Desa Sumbersuko, Kecamatan Purwosari, Kabupaten Pasuruan, Minggu (11/09/2022).

Perayaan ini terasa istimewa, karena dibarengkan dengan perayaan Hari Jadi Kabupaten Pasuruan yang ke- 1093.

Sepemantauan Lumbung Berita di lokasi, total ada 4 dusun yang mengikuti gelaran kali ini. Satu Desa tetangga yang ikut Partisipasi mengatas namakan Pemuda Damarjati berasal dari Desa Karangrejo.

Kades Sumbersuko, Susilo mengatakan, perayaan bernama karnaval budaya ini sangat ditunggu masyarakat. Maklum, selama pandemi, kegiatan seperti ini jelas dilarang.

“Alhamdulillah akhirnya bisa menyelenggarakan kembali kegiatan karnaval. Dua tahun warga seolah puasa hiburan karena pandemi. Tapi hari ini saya yakin warga puas,” terangnya.

☝️Klik disini karnafal sumbersuko.

Susilo menambahkan, kegiatan karnaval biasanya rutin mereka lakukan saat gelaran sedekah desa. Namun, untuk kali ini masyarakat menginginkan bebarengan dengan Ultah Kabupaten Pasuruan.

“Biasanya kami selenggarakan saat sedekah desa. Khusus tahun ini, kami selenggarakan sekarang, karena kami ingin memperingati Hari Jadi Kabupaten Pasuruan juga,” jelasnya.

Baca Juga : klik disini  Gelapkan Motor, Pria Wonosunyo Gempol Diamuk Massa

Sebagai Kepala Desa, ia berharap masyarakat Sumbersuko dapat pulih lebih cepat dan bangkit lebih kuat seperti tagline kemerdekaan tahun ini.

“Semoga bisa pulih lebih cepat dan bangkit lebih kuat. Juga semoga masyarakat bisa menjadi maslahat,” tandasnya.

Sementara itu, dihubungi di lokasi, salah satu penonton karnaval, Fatimah, merasa bersyukur kegiatan yang hilang saat pandemi dapat diselenggarakan kembali.

Senada dengan Kades Sumbersuko, perempuan berusia 29 tahun ini berharap Indonesia bisa kembali normal seperti sebelum pandemi menyerang.

“Alhamdulillah senang sekali bisa kembali merasakan perayaan seperti ini. Setelah dua tahun kami harus di rumah saja karena pandemi. Semoga dengan kemerdekaan ini rakyat Indonesia bisa benar-benar bebas merdeka. Terutama merdeka dari Covid-19,” tandasnya.

Jurnalis: Adin

Berita Lainnya

PT.REDAKSI LUMBUNG BERITA 
error: Content is protected !!