Lumbung Berita
NEWS TICKER

167 Sertifikat Tanah di Baujeng Resmi Diserahkan

Rabu, 24 Maret 2021 | 8:11 am
Reporter:
Posted by: Redaksi

Pasuruan_Lumbung-berita.com
Puluhan orang yang hadir di Balai Desa Baujeng, Kecamatan Beji, Kabupaten Pasuruan tampak semringah. Pasalnya, surat tanah milik mereka resmi dibagikan.

Ya, BPN Kabupaten Pasuruan bersama panitia PTSL Desa Baujeng hari ini (24/03/2021), membagikan sertifikat program PTSL tahun anggaran 2020.

Program tersebut terhitung sudah kedelapan kalinya selama program ini berjalan di Baujeng. Untuk kali ini, total ada 167 sertifikat yang akan diberikan kepada warga.

“Di Baujeng ini sudah ribuan sertifikat yang kita serahkan di tahun 2020. Ini sudah tahap delapan, sudah mau habis,” ujar Wakayuridis BPN Kabupaten Pasuruan, Eko Darmadi.

Pria yang akrab disapa Eko ini mengatakan, program PTSL memang dirancang oleh pemerintah pusat untuk mempermudah masyarakat memiliki sertifikat.

“Kalau selama ini masyarakat bilangnya ngurus sertifikat susah, maka program ini menghadirkan kemudahan,” ujarnya.

Berbagai kemudahan yang ditawarkan, sambungnya, adalah masyarakat cukup duduk manis menunggu sertifikat. Yang bergerak adalah para panitia PTSL.

“Bahkan masyarakat masih bisa bekerja ke sawah misalnya, atau tinggal diam di rumah. Biarkan panitia semua yang mengurus,” ungkapnya.

Baca Juga : klik disini  Respon Cepat Pemerintah Desa Karangpandan Bantu Warga Terdampak Banjir

Kemudahan lainnya, sebut Eko, yakni dari sisi pembiayaan. Program PTSL jauh lebih murah daripada mengurus secara mandiri.

“Kalau mengurus sendiri biaya keseluruhan ditanggung oleh pemohon. Kalau lewat PTSL, sebagian besar biaya disubsidi oleh pemerintah,” tukasnya.

Salah satu penerima sertifikat, Tuti Mufarokha (50) mengakui program PTSL cukup membantu dirinya memiliki surat tanah.

Menurutnya, ia beruntung bisa mengikuti program PTSL. Sepengetahuannya, selama proses pembuatan sertifikat, para pemohon lainnya juga tak mengalami keluhan yang berarti.

“Program ini sangat membantu. Banyak masyarakat yang senang, karena hampir seluruh proses dikerjakan oleh panitia PTSL Desa Baujeng,” pungkasnya.

Jurnalis : Indra

Berita Lainnya

PT.REDAKSI LUMBUNG BERITA 
error: Content is protected !!