Lumbung Berita
NEWS TICKER

250 Sumur Resapan Biopori di Bangun di Desa Pager

Minggu, 13 Desember 2020 | 4:57 am
Reporter:
Posted by: Redaksi

Pasuruan_Lumbung-berita.com
250 sumur resapan biopori dibangun di RT.02-RW 01, Dusun Pager Wetan, Desa Pager, Kecamatan Purwosari, Kabupaten Pasuruan.

Pembangunan sumur di berikan ke Kelompok Wanita Tani (KWT) dari pemerintah Provinsi Jawa Timur, melalui dinas Pekerjaan Umum Sumber Daya Air (PU-SDA) yang di usulkan anggota DPRD Kabupaten Pasuruan, Fraksi Golkar, Sugiarto.

Manfaat sumur resapan biopori untuk menampung air hujan, yang nantinya bisa dimanfaatkan warga di bawah dan sekitarnya.

Kepada Lumbung-berita.com, Naning, menjelaskan kalau pembangunan 250 sumur resapan biopori bantuan dari dinas PU-SDA, melalui anggota Dewan, Sugiarto.

“Alhamdulillah kita sudah bertahap melakukan pemasangan di tiap-tiap RT di dusun Pager Wetan. Setiap RT.33 alat sumur biopori, dan semua di kerjakan secara bersama sama,” Ujarnya, Sabtu (12/12/20).

Ia menambahkan, beberapa sumur resapan biopori dibangun dengan ukuran diameter, kesing 4 dim dan ruang pipa di dalam 2 dim, untuk mempermudah penarikan dan pengambilan kompos dengan panjang 80 cm dan kedalaman 80 cm.

Bukan hanya untuk meresapkan air ke tanah kedalaman dua meter, di tengah sumur ini ditanam pipa ukuran empat inci dengan kedalaman 20 meter.

Baca Juga : klik disini  Kapolres Pasuruan Kota dan Jajaran Mengikuti Upacara Kenaikan Pangkat Secara Virtual Periode 1 Januari 2022

“Target kita segera merampungkan 250 sumur resapan biopori dengan konsep yang sama. Saat ini satu sumur resapan bisa dikerjakan tuntas dalam waktu dua tiga jam,” Tambahnya.

Naning menargetkan, 250 sumur resapan biopori akan selesai dibangun sebelum akhir Desember 2020. Lahan yang dimanfaatkan untuk membangun sumur resapan biopori sendiri berada di masing-masing rumah warga Dusun Pager Wetan.

“Satu sumur resapan biopori bisa menampung air hujan dari 10 rumah warga,” Tutup Naning.

Jurnalis : Yudha

Berita Lainnya

PT.REDAKSI LUMBUNG BERITA 
error: Content is protected !!