Lumbung Berita
NEWS TICKER

30.000 Bibit Ikan di Tebar di Sungai Parelegi Purwodadi

Jumat, 22 Juli 2022 | 4:43 pm
Reporter:
Posted by: Redaksi

Pasuruan_Lumbung-berita.com
Dinas Perikanan dan Kelautan (DKP) Kabupaten Pasuruan menebar bibit ikan sebanyak 30.000 bibit ikan, dengan tiga jenis diantaranya ikan nilem, tawes, dan tombro.

Ikan di tebar di aliran kali dan yang di berikan secara langsung kepada Komunitas PAK LEGIMIN (Pecinta Aliran Kali (Sungai) Parelegi Mantab Inovatip), Desa Purwodadi, Kecamatan Purwodadi, Kabupaten Pasuruan, Rabu 20/07/2022.

Kepala Dinas DKP Kabupaten Pasuruan, Alfi Khasanah, SP, MMA mengatakan, penebaran bibit ikan di aliran kali ini bertujuan untuk menjaga kelestarian serta kebersihan aliran kali, sekaligus membantu meningkatkan ketahanan pangan masyarakat.

“Penebaran bibit ikan di aliran kali Parelegi untuk menjaga kelestarian dan kebersihan air, sekaligus untuk ikannya bisa sebagai tambahan ekonomi bagi masyarakat sekitarnya,” kata Kepala DKP Kabupaten Pasuruan.

Alfi Khasanah mengapresiasi kegiatan yang digagas Komunitas PAK LEGIMIN, dengan sukarela merawat kebersihan kali, atau sungai sekaligus menjaga kelestarian ekosistem ikan yang ada di habitatnya.

“Kami apresiasi kegiatan sosial komunitas PAK LEGIMIN ini, yang secara suka rela bergotong royong menjaga kebersihan air di saluran kali, dan menjaga kelestarian ekosistem ikan yang ada di habitatnya,” ujarnya.

Baca Juga : klik disini  BPP Model Kostratani Sugio, Lakukan Sosialisasi Pupuk Subsidi

Ia menjelaskan, giat tebar benih ikan saat ini DKP Kabupaten Pasuruan telah menebar bibit ikan sebanyak 155.000 ekor, di 6 titik Perairan Umum Darat (PUD) Kabupaten Pasuruan.

“Penebaran benih ikan sudah di laksanakan di 6 titik lokasi diantaranya, Aliran kali Parelegi, Desa Purwodadi, Kec. Purwodadi, Jumpinang water tubing, Desa Sumberejo, Kec. Purwosari, Eduwisata air Segaran Ds. Sukolelo,Kec. Prigen, Sungai Bulusari, Desa Bulusari Kec. gempol, Sungai+matair Sumberpinang, Desa Jatigunting, Kec. Wonorejo, Embung Sanganom, ds. Sanganom, Kec. Nguling,” jelas Alfi.

Tujuan penebaran benih ikan di beberapa lokasi tersebut selain menjaga ekosistem air, juga secara tidak langsung pemulihan sumberdaya perikanan dan pemberdayaan masyarakat di sekitar PUD.

Masih di tempat yang sama Camat Purwodadi, Fauzan, menyampaikan penebaran bibit ikan lokal di aliran kali Parelegi ini bisa dikenal memiliki penghasil ikan asli kali.

“Penebaran bibit ikan lokal di aliran kali Parelegi nantinya bisa menjadi cikal bakal, bahwa wilayah Purwodadi di kenal memiliki komoditas ikan Wader Pari serta ikan lokal lainnya,” ungkap Fauzan.

Baca Juga : klik disini  Politisi Muda PDI-P : Ahmad Muzangki Banyak Dapatkan Aduan Keluhan Warga Soal Minimnya Infrastruktur

Ia berharap, untuk kedepan wisata desa bisa menjadi destinasi wisata kali bersih dan asri.

“Dengan adanya tebar benih ikan ini semoga Wisata Desa yang berada di Dusun Parelegi, untuk kedepan bisa menjadi destinasi wisata kali bersih dan asri,”pungkasnya.

Jurnalis : Lum-Yon.

Berita Lainnya

PT.REDAKSI LUMBUNG BERITA 
error: Content is protected !!