Lumbung Berita
NEWS TICKER

64 Burung Kasturi di Fakfak Dilepasliarkan ke Alam

Sabtu, 12 Desember 2020 | 5:11 pm
Reporter:
Posted by: Redaksi

Fakfak_Lumbung-berita.com
Masih ingat dengan puluhan Kasturi Kepala Hitam (familier dengan nama Nuri Kepala Hitam) yang berhasil disita dari KM. Nggapulu pada 19 November lalu? Ya, Jumat kemarin (11/12/2020), ke- 64 burung tersebut berhasil dikembalikan ke habitatnya.

Pelepasan burung yang juga memiliki nama internasional Black Capped Lory itu dilakukan di kawasan hutan Cagar Alam Fakfak, Papua Barat pada pukul 16.00 WIT.

Berbagai institusi maupun komunitas hadir dalam pelepasan tersebut. Diantaranya KSDA Fakfak, TNI-AL, Polres Fakfak, Pelni Fakfak, KSOP, Masyarakat Mitra Polhut, RRI Fakfak, Komunitas Pemerhati Satwa Liar Fakfak dan DPC HPI Fakfak.

“Puji Tuhan sang penjaga alam semesta, hari ini 64 burung yang menjadi ikonik Papua bisa kembali terbang bebas ke habitatnya,” ucap Kepala Resort KSDA Fakfak Izak Berth Samori.

Seluruh satwa yg dilepasliarkan tersebut, sebelumnya telah menjalani perawatan dan pemulihan di kantor Resort KSDA Fakfak Papua Barat.

“Butuh waktu lama dalam pemulihan. Ya karena banyak burung kehilangan bulu sayap utamanya. Karena di saat akan diselundupkan burung tak bertuan tersebut dicabuti bulu sayapnya,” sambung Izak.

Baca Juga : klik disini  Pemilihan RT Desa Karangrejo Ala Pilkada

Pemulihan boleh dibilang sukses. Dari 64 burung yang dirawat, semuanya berhasil bertahan hidup. Izak pun menjelaskan keberhasilan itu berkat pemantauan yang ketat saban harinya.

“Di masa pemulihan, pengamatan perilaku dan aktivitas burung sehari-sehari diamati. Pakan diberikan yang bervariasi dan kebersihan kandang selalu dipantau hingga satwa siap dilepasliarkan kembali,” paparnya.

Atas keberhasilan ini, ia mengapresiasi seluruh pihak yang terlibat dari awal hingga akhir. Kedepannya, ia berharap seluruh pihak tetap mendukung kelestarian satwa Papua.

“Semoga burung ini dan jenis satwa Papua lainya selalu tetap terjaga dan lestari di alam dan seterusnya. Sehingga bisa disaksikan oleh anak cucu kita nantinya,” pungkasnya.

Seperti yang diberitakan Lumbung Berita edisi 26 November 2020, sebanyak 74 Kasturi Kepala Hitam tak bertuan berhasil diamankan dari KM. Nggapulu saat sandar di Pelabuhan Fakfak.

Dari 74 burung tersebut, 64 burung dalam kondisi memprihatinkan, sedangkan sisanya mati. Ke- 64 burung itu kemudian diserahkan ke KSDA Kabupaten Fakfak untuk mendapat perawatan sebelum dilepasliarkan.

Baca Juga : klik disini  Perumahan Sevilla tidak Berijin, LMPI Kota Pasuruan Luruk Dinas Perijinan Kota Pasuruan

Jurnalis : Indra

Berita Lainnya

PT.REDAKSI LUMBUNG BERITA 
error: Content is protected !!