Lumbung Berita
NEWS TICKER

Akhir Tahun, Beberapa Harga Kebutuhan Pokok Naik

Rabu, 8 Desember 2021 | 6:17 am
Reporter:
Posted by: Redaksi

Pasuruan_Lumbung-berita.com
Menjelang natal dan tahun baru (nataru), harga beberapa kebutuhan pokok mulai naik, Rabu (08/12/2021). Pantauan Lumbung Berita di Pasar Pandaan, Kabupaten Pasuruan, kenaikan bervariasi. Mulai dari ratusan hingga puluhan ribu rupiah.

Dimulai dari wortel. Wortel mengalami kenaikan sebesar Rp300 dari minggu lalu. Harga wortel kini menginjak Rp12.300. Sedangkan yang mengalami kenaikan sebesar ribuan rupiah terjadi pada komoditas bawang merah dan tomat.

Bawang merah minggu lalu sebesar Rp20.000, kini naik menjadi Rp22.000. Untuk tomat mengalami kenaikan Rp2.700. Dari Rp5.000 menjadi Rp7.700.

Yang paling mencolok adalah kenaikan cabai rawit. Per 1 Desember lalu, komoditas berasa pedas ini masih di kisaran Rp34.300/kg. Hari ini, cabai rawit sudah menyentuh Rp60.300/kg. Naik 75%.

“Menjelang nataru memang harga kebutuhan pokok naik. Memang lumrah di akhir tahun dan di hari raya. Karena kebutuhan makin meningkat,” tutur Kepala Pasar Pandaan Sugiman Budi Santoso.

Kebutuhan pokok lainnya yang naik adalah minyak goreng curah. Meski kenaikan hanya ratusan rupiah, tapi komoditas andalan pedagang gorengan ini terus merangsek naik.

Baca Juga : klik disini  Tingkatkan Sinergitas, Kapolres Pasuruan Kunjungi Forkopimda dan Ulama

“Minyak goreng curah terus naik. Harganya sudah mendekati minyak goreng dalam kemasan. Faktor utama kenaikan harga memang dari petani sawitnya,” lanjutnya.

Meski begitu, mantan Kepala Pasar Bangil ini mengharapkan masyarakat tak perlu khawatir. Pria yang akrab disapa Budi itu memastikan bahwa stok seluruh barang aman.

“Kiriman dari petani sejauh ini relatif stabil dan tak ada kendala. Jadi stok barang-barang di pasar, masih aman,” pungkas pria yang berdomisili di Purwosari tersebut.

Salah satu pengunjung pasar, Ari (28) memaklumi dengan kenaikan harga tersebut. Menurut warga Gempol ini, menjelang pergantian tahun harga-harga cenderung naik.

” Ya wajar ya. Karena menjelang nataru. Selain itu memang cuaca lagi buruk. Memang biasanya gini kalau mau tahun baru,” tukasnya.

Jurnalis: Indra

Berita Lainnya

PT.REDAKSI LUMBUNG BERITA 
error: Content is protected !!