Lumbung Berita
NEWS TICKER

Angkat Cerita Rakyat, FPK Sidoarjo Gelar Lomba Dongeng

Senin, 17 Juli 2023 | 9:02 am
Reporter:
Posted by: Redaksi

Sidoarjo_Lumbung-Berita.com
Forum Pamong Kebudayaan (FPK) Kabupaten Sidoarjo menggelar lomba dongeng di Kampus 2 Universitas Nahdlatul Ulama, Minggu (16/7/2023).

Lomba ini diadakan untuk guru Paud dan TK se-Kabupaten Sidoarjo. Selain lomba dongeng, panitia juga menggelar lomba melukis Gerabah dan Talenan.

Ketua FPK Sidoarjo, Asri Loly mengatakan acara ini adalah bagian dari upaya FPK memajukan Obyek Pemajuan Kebudayaan (OPK) Tradisi Lisan yang makin ditinggal oleh para orang tua.

“Dulu, hampir tiap orang tua mahir bercerita dongeng. Kalau sekarang, orang sudah ketergantungan dengan gadget. Nah, lewat acara ini, kami ingin tradisi mendongeng tetap lestari,” jelasnya.

Selain itu, tambahnya, pihaknya juga ingin mengenalkan beberapa legenda yang pernah ada di Sidoarjo, misal : Sarip Tambak Oso, Dewi Sekardadu dan juga sejarah Candi Pari.

“Lewat kegiatan ini, kami ingin kebiasaan mendongeng ini bisa mengikis sedikit demi sedikit kebiasaan anak-anak bermain gawai sekaligus mengenalkan pada tokoh legenda Sidoarjo,” ujar Mantan Ning Surabaya ini.

Di tempat yang sama, Bambang Amdo, pelukis kenamaan Sidoarjo menjadi inisiator sekaligus penilai dalam lomba lukis gerabah mengatakan, kegiatan ini merupakan sinergitas dan kolaborasi beberapa bidang yang ada di FPK Sidoarjo.

Baca Juga : klik disini 👇  Rumah Pimred Potretlensa di Teror Pakai Batu dan Senapan Angin

Selain memacu semangat untuk membuat karya seni rupa acara ini bisa menjadi sarana pengenalan kepada anak tentang gerabah atau alat dapur yang bisa dijadikan sarana melukis.

“Kami ingin mengajak anak-anak untuk tidak sekedar mewarnai gambar, tapi benar-benar melukis dengan media alat dapur,” tutur Ketua Komisi Seni Rupa FPK Sidoarjo.

Acara yang berlangsung sejak pukul 7 pagi ini semakin semarak dengan adanya Demi dan Lomba memasak serta pameran UMKM yang dihadiri oleh civitas akademika Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo.

Jurnalis: Indra

Berita Lainnya

PT.REDAKSI LUMBUNG BERITA 
error: Content is protected !!