Lumbung Berita
NEWS TICKER

Antisipasi Kerawanan Wilayah, Polres Malang Gelar Pelatihan Peningkatan Kemampuan Dalmas

Sabtu, 19 Maret 2022 | 5:06 am
Reporter:
Posted by: Redaksi

MALANG_Lumbung-berita.com
Kapolres Malang, AKBP Ferli Hidayat melalui Kasat Samapta Polres Malang, AKP Bambang Sidik Achmadi menggelar pelatihan peningkatan kemampuan Pengendalian Massa (Dalmas) selama 2 hari berturut-turut bagi Anggota Personil Polres Malang dalam rangka antisipasi kerawanan Wilayah di Lapangan Satya Haprabu Mapolres Malang, Kecamatan Kepanjen, Kabupaten Malang, Sabtu (19/03/2022).

“Terimakasih atas pelaksanaan latihannya. Kita telah dibekali ketrampilan dasar serta penggunaan kekuatan tentang Pengendalian Massa. Latihan ini bertujuan untuk mengantisipasi kerawanan Wilayah serta meningkatkan kemapuan masing-masing Anggota Personil Polres Malang dalam hal Pengendalian Massa (Dalmas),” ujar Ferli Hidayat.

Kasat Samapta Polres Malang AKP Bambang Sidik Achmadi selaku Perwira Instruktur Dalmas mengungkapkan, bahwa Pasukan yang tergabung dalam Pleton Dalmas tersebut terdiri dari Dalmas Awal 1 SST dan Dalmas Lanjut gabungan Sat Samapta Polres Malang 1 SSK atau sejumlah 120 Personil Anggota Polres Malang.

“Latihan ini rutin dan terus ditingkatkan setiap waktunya. Hal ini diharapkan agar Anggota selalu siap siaga setiap saat, sehingga bilamana dibutuhkan dalam keadaan mendesak Anggota sudah sangat siap menghadapi di Lapangan,” jelas Bambang Sidik Achmadi.

Baca Juga : klik disini  "Kerjaku Ibadahku" Forkopimka Kecamatan Purwosari Giat Operasi Yustisi Jelang Malam Imlek

Kapolres Malang Ferli Hidayat juga berharap, kegiatan ini tidak hanya jadi rutinitas saja, namun benar-benar dari masing-masing Anggota harus menguasai, karena situasi di lapangan tidak seindah pada saat latihan. Dimana dalam latihan semua ada dalam kontrol, namun pada saat menangani Massa yang sesungguhnya fluktuasi psikologi Massa bisa berubah sepersekian Detik.

“Pelatihan ini benar-benar dipahami dan dimengerti, utamanya perihal penggunaan kekuatan. Jangan sampai terjadi penggunaan kekuatan yang berlebihan, kekerasan eksesif, abuse of power, maka dari itu pahami antara kekuatan yg digunakan dengan ancaman yg dihadapi,” ujar Ferli Hidayat.

Ferli menambahkan, kegiatan seperti ini baiknya dilakukan berjenjang secara rutin karena skill itu harus dipelihara dan rutin dilatih. Mungkin situasi di Kecamatan dinamikanya tidak sepeti yang kita bersama hadapi atau dalam pelatihan, walaupun situasi Kamtibmasnya relatif kondusif kita tetap harus siap siaga.

“Kita harus siap dalam situasi dan kondisi bahkan yang terburuk sekalipun. Semoga latihan ini bisa menjadi bekal, pahami, supaya nanti pada saat di lapangan yang sesungguhnya kita tidak salah,” jelasnya.

Baca Juga : klik disini  Meiko Square Nogosari Pandaan Tak Berijin diduga Bagi- Bagi Uang Keamanan

Kegatan dilanjutkan dengan peragaan simuliasi Pengendalian Massa. Nampak para Anggota Personil Polres Malang yang mengikuti pelatihan tersebut tetap mentaati Protokol Kesehatan pada diri masing-masing.

Jurnalis : Sugi-Hum.

Berita Lainnya

PT.REDAKSI LUMBUNG BERITA 
error: Content is protected !!