Lumbung Berita
NEWS TICKER

Arkeolog Tinjau Benda Diduga Cagar Budaya di Kepulungan

Rabu, 14 Juni 2023 | 1:07 pm
Reporter:
Posted by: Redaksi

 

Pasuruan_Lumbung-Berita.com
Keberadaan benda-benda yang diduga cagar budaya membuat Tim Arkeolog dari Balai Pelestarian Kebudayaan (BPK) Wilayah XI Jatim mendatangi Desa Kepulungan, Rabu (14/6/2023)

Dengan didampingi pihak Pemdes Kepulungan, Tim mendatangi satu persatu benda-benda yang diduga peninggalan zaman kerajaan tersebut.

Informasi yang diterima Lumbung Berita, Tim Arkeolog menelusuri benda-benda di Dusun Kabunan, Panjunan, Tugusari, dan Betas.

Beberapa yang mereka data adalah benda yang berbentuk lingga, yoni, pilar, sarkofagus, dan fosil kayu.

“Nanti data ini akan kami presentasikan hari Jumat bersama Disbudpar Jatim. Sementara ini kami sebut obyek diduga cagar budaya,” ujar Arkeolog BPK Wilayah XI, Oshin.

Oshin melanjutkan, setelah dipresentasikan, data tersebut akan masuk kedalam database. Untuk memastikan keabsahan status cagar budaya, nantinya akan ada Tim Penentu tersendiri.

“Cagar budaya apa bukan, nanti akan ada Tim sendiri yang menilai,” tutur perempuan berusia 29 tahun asal Makassar tersebut.

Khusus untuk benda berbentuk Sarkofagus dan fosil kayu, dua jenis benda ini diukur di lokasi Wisata Transit Air Panas, Dusun Gondang.

Baca Juga : klik disini 👇  FPK Gelar Halal Bihalal, Ki Bagong Berharap Regenerasi Ketua

Sebagai informasi, benda diduga sarkofagus ini pernah dimuat dalam Lumbung Berita edisi 14 Agustus 2022 dengan judul “Tiga Bak Batu Diduga Zaman Kerajaan Ditemukan di Kepulungan”.

Saat itu warga sekitar kerap menyebut tiga benda tersebut sebagai bak mandi. Belakangan penilai itu berubah. Warga meyakini itu adalah sarkofagus. Sebuah wadah pemakaman yang terbuat dari batu.

“Benda ini sebelumnya, pernah ditinjau arkeolog. Tapi tak ada salahnya kami data kembali untuk penguatan database,” tukasnya.

Kedatangan Arkeolog ini ditanggapi positif oleh Kades Kepulungan, Didik Hartono. Ia meyakini, benda-benda tersebut akan makin menarik wisatawan mengunjungi Kepulungan.

“Saya sudah punya gambaran, benda-benda yang nantinya dinyatakan berstatus cagar budaya akan kami tampilkan seperti model museum,” tutupnya.

Jurnalis: Indra

Berita Lainnya

PT.REDAKSI LUMBUNG BERITA 
error: Content is protected !!