Lumbung Berita
NEWS TICKER

AWUR yang Gak Ngawur, Datangi Pemkot Pasuruan Dukung JLU

Kamis, 3 Agustus 2023 | 10:57 am
Reporter:
Posted by: Redaksi

Pasuruan_Lumbung-berita.com
AWUR yang gak Ngawur adalah Aliansi Warga Utara Kota Pasuruan. Kali ini, Kamis (03/08/2023) mereka mendatangi Pemkot Pasuruan untuk meminta melanjutkan proyek JLU.

Sesampai di Pemkot Pasuruan, perwakilan AWUR langsung melakukan orasi secara bergantian.

Ada beberapa tuntutan AWUR, antara lain:
1. Menuntut Pemkot Pasuruan melaksanakan pembangunan dengan berwawasan Kerakyatan dan Keadilan sosial, dengan mengurangi kesenjangan antar kawasan melalui pemerataan pembangunan dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi Pasuruan Utara.

2. Menuntut Pemkot Pasuruan memprioritaskan peningkatan Indek pembangunan manusia warga utara, dengan memberikan akses pendidikan dan layanan kesehatan yang murah dan bermutu.

3. Menuntut Pemkot Pasuruan melakukan pemberdayaan sosial ekonomi masyarakat nelayan dan warga pinggiran Pasuruan Utara.

4. Menuntut Pemkot Pasuruan untuk melakukan pembangunan infrastruktur yang mampu menstimulus tumbuhnya simbul simbul ekonomi warga, serta mempercepat investasi dan industrialisasi di kawasan utara.

5. Menuntut Pemkot Pasuruan segera merealisasikan Pembangunan jalur Lingkar Utara (JLU), sebagai bentuk komitmen pemerataan pembangunan dan pengakuan terhadap eksistensi warga Pasuruan Utara.

Baca Juga : klik disini 👇  Aktivis Pasuruan Demo Damai : Londo Main Drama Teatrikal di Gedung Putih

Kedatangan AWUR disambut baik Wali Kota Pasuruan, Saifullah Yusuf. Perwakilan AWUR ditemui di ruang Rapat Untung Suropati.

Ali salah satu anggota AWUR menyampaikan kalau proyek JLU yang telah diinisiasi sejak 2009 ini dinilai sangat penting untuk dilanjutkan, karena diproyeksikan bakal memberikan dampak positif terhadap warga pesisir.

“RTRWnya sudah dijadikan kawasan industri. Mungkin nanti bukan kita yang menikmati, tetapi anak cucu kita,” ucap Ali.

Sementara itu, Wali Kota Pasuruan, Saifullah Yusuf (Gus Ipul) mengapresiasi aspirasi yang disampaikan Aliansi Warga Utara. Menurut dia, ini merupakan bentuk dukungan terhadap pemkot untuk melanjutkan pembangunan JLU.

Gus Ipul mengatakan, proyek pembangunan JLU sudah masuk di dalam RPJMD Kota Pasuruan, sehingga bisa dipastikan proyek ini bakal dilanjutkan.

“Prosesnya saat ini mungkin sudah 30 persen. Doakan saja,” kata Gus Ipul.

Untuk diketahui, saat ini pemkot masih merampungkan kajian AMDAL untuk pembangunan JLU. Setelah itu pemkot harus menyusuri dokumen perencanaan pengadaan tanah (DPPT).

Pembangunan JLU ini diestimasikan membutuhkan biaya hingga Rp1 triliun. Untuk pembiayaannya, pemkot bakal mengajukan proposal bantuan keuangan ke pemerintah pusat.

Baca Juga : klik disini 👇  Aktivis Pasuruan Demo Damai : Londo Main Drama Teatrikal di Gedung Putih

Unjuk rasa yang dilakukan Aliansi Warga Utara (AWUR) berjalan dengan tertib.

Jurnalis : Lum-Sam.

Berita Lainnya

PT.REDAKSI LUMBUNG BERITA