Lumbung Berita
NEWS TICKER

Bahas Pemajuan Budaya, FPK Jatim Gelar Sarasehan

Senin, 12 April 2021 | 12:31 pm
Reporter:
Posted by: Redaksi

Malang_Lumbung-berita.com
Forum Pamong Kebudayaan (FPK) Jatim menggelar sarasehan budaya di Pondok Abunawas, Kecamatan Sumberpucung, Kabupaten Malang.

Selama dua hari (10-11 April 2021) para seniman dan budayawan itu membahas rencana aktivitas 11 Obyek Pemajuan Kebudayaan (OPK).

OPK tersebut adalah Manuskrip, Bahasa, Tradisi lisan, Adat istiadat, Ritus, Seni, Pengetahuan tradisional, Teknologi tradisional, Permainan rakyat, Olahraga tradisional, dan Cagar budaya.

Informasi yang berhasil Lumbung Berita himpun, pertemuan itu dihadiri oleh seniman dan budayawan dari berbagai daerah. Yakni dari Jember, Probolinggo, Pasuruan, Surabaya, Malang, Kediri, Blitar, Tulungagung, Mojokerto, Sidoarjo, Nganjuk, Gresik, Batu dan Jombang.

Dihubungi seusai acara, Ketua FPK Jatim, Ki Bagong Sabdo Sinukarto menjelaskan, sarasehan tersebut menghasilkan beberapa rancangan kerja terkait dengan pemajuan Kebudayaan Jawa Timur.

Salah satunya adalah digelarnya pertemuan giliran di rumah pengurus FPK. Topik yang dibahas, sesuai dengan bidang budaya yang ditangani oleh si empunya rumah.

“Contohnya ketika jatuh di Jember, pengurus Jember membidangi Manuskrip, maka topik yang dibahas di Jember adalah Manuskrip.
Begitu juga daerah lain hingga 11 obyek pemajuan kebudayaan (OPK) tergarap semua,” terang Ki Bagong.

Baca Juga : klik disini  Kasi Pemerintahan dan Pelayanan Desa Wonokoyo di Lantik

Pria asal Prigen ini melanjutkan, kehadiran FPK bukan dalam konteks sebagai Event Organizer, tapi lebih pada membantu pemerintah dengan memberikan konsep dan gagasan tentang pemajuan kebudayaan.

“FPK bukan EO. Apalagi sampai menggelar kegiatan yang sensasional. Andai harus menggelar kegiatan, tetap dalam koridor edukasi dan konservasi,” ungkapnya.

Acara kemudian dilanjut dengan kunjungan ke Sanggar Meditasi SAGO di kawasan lereng Gunung Kawi dan diakhiri dengan performing art di Situs Ganesha di Karang Kates, Sumberpucung Malang.

Jurnalis : Indra

Berita Lainnya

PT.REDAKSI LUMBUNG BERITA 
error: Content is protected !!