Lumbung Berita
NEWS TICKER

Bahas Perdes, Kades dan BPD se-Prigen Ikuti Bimtek

Sabtu, 13 Maret 2021 | 1:04 pm
Reporter:
Posted by: Redaksi

Pasuruan_Lumbung-berita.com
Seluruh Kepala Desa dan Ketua BPD se- Kecamatan Prigen, siang tadi, menghadiri acara bimtek Asosiasi Badan Permusyawaratan Desa Nasional (Abpednas) di Kantor Desa Sukolelo, Prigen (13/03/2021).

Bimtek kali ini juga dihadiri oleh pejabat eksekutif maupun legislatif. Diantaranya Ketua Komisi I DPRD Kabupaten Pasuruan, Kasiman, Ketua Komisi II DPRD Kabupaten Pasuruan, Joko Cahyono, Camat Prigen Tri Krisni Astuti, dan perwakilan Koramil 0819/19 Prigen.

Para dosen dari Universitas Widyagama dipilih sebagai pengisi acara Bimtek yang bertemakan “Membuat Peraturan Desa (Perdes) yang baik dalam fungsi kedudukan Perdes dan BPD di Pemerintahan Desa” tersebut.

Kasiman ketika dikonfirmasi awak media, mengapresiasi atas kegiatan itu. Menurutnya bimtek semacam ini perlu diagendakan secara kontinu.

“Kegiatan yang cukup bagus. Harus berkelanjutan. Agar para Kades dan BPD tidak salah dalam menyusun Perdes,” tuturnya.

Ia menyarankan Kades lebih berhati-hati dalam melangkah. Pelanggaran yang dilakukan, imbuhnya, bisa berakibat pada Kades itu sendiri, bahkan saat pasca menjabat.

“Amankan diri saat menjabat dan sesudah menjabat. Meskipun pensiun kalau salah ya tetap diseret ke pengadilan. Namun, itu bisa diantisipasi, langkah awal, ya harus sesuai regulasi,” paparnya.

Baca Juga : klik disini  Bak Petir Di Siang Bolong, Bengkel Servis Mesin Rokok Di Lalap Si jago Merah

Politisi dari partai Gerindra ini menambahkan, peraturan yang dibuat desa harus tidak bertentangan dengan hukum di atasnya. Untuk itu, Kasiman meminta Kades berkonsultasi dengan Camat.

“Empat hal yang harus konsultasi ke camat, yakni batas wilayah, anggaran, pungutan, dan kerjasama. (kalau) Camat belum rekom, draft perdes tidak sah. Dipaksakan pun melawan hukum,” tegasnya.

Sementara itu, Camat Prigen juga mengapresiasi atas terselenggaranya bimtek. Perempuan yang akrab disapa Krisni ini mengatakan bimtek diperlukan untuk meningkatkan kompetensi BPD.

“Bimtek ini sangat membantu dalam meningkatkan kompetensi BPD sebagai pendukung pemerintahan desa dari sudut legal formal produk hukum. Karena dari Pemkab sendiri belum pernah ada kegiatan peningkatan SDM setelah refocusing,” tukasnya.

Jurnalis : Indra

Berita Lainnya

PT.REDAKSI LUMBUNG BERITA 
error: Content is protected !!