Lumbung Berita
NEWS TICKER

Baksos Ramadan ala PSMTI, Tiap Pendonor Diberi Beras

Sabtu, 9 April 2022 | 5:14 pm
Reporter:
Posted by: Redaksi

Pasuruan_Lumbung-berita.com
Bulan ramadan juga ikut diperingati oleh Paguyuban Sosial Marga Tionghoa Indonesia (PSMTI) Kabupaten Pasuruan, Sabtu (09/04/2022).

Ya, paguyuban yang berdiri Januari 2022 ini menggelar baksos donor darah dan bagi-bagi makanan berbuka puasa di Food Veranda Taman Dayu, Pandaan, Kabupaten Pasuruan.

Informasi yang diterima Lumbung Berita, PSMTI membagikan paket nasi sebanyak 150 pak, lengkap dengan air minumnya. Pembagiannya di dua titik: SPBU By Pass Pandaan dan Taman Dayu.

Setelah bagi-bagi hidangan buka puasa, paguyuban yang diketuai oleh Hartono Tanumiharja ini melanjutkan dengan donor darah.

Sebanyak 50 kantong disiapkan tiap harinya. Rencananya, donor darah ini akan terus berlangsung sampai 16 April dengan target 400 kantong.

“Biasanya selama bulan ramadan, PMI kekurangan stok darah. Makanya itu kami adakan donor darah semata-mata untuk kemanusiaan. Harapannya stok darah PMI tercukupi sampai Hari Raya,” ujar Sekretaris PSMTI, Lukas Cahyabuana.

Dalam catatan awak media, PSMTI rutin menggelar donor darah di Taman Dayu. Karena rutin itu lah, lanjut Lukas, PMI Kabupaten Pasuruan mengapresiasi dengan memberikan 3 kg beras untuk tiap pendonor.

Baca Juga : klik disini  Polsek Poncokusumo berhasil mengembangkan kasus Narkoba

“Kebetulan ada apresiasi dari PMI terkait pelaksanaan donor ini. Sebagai ucapan terima kasih, PMI memberikan beras 3 kg kepada para pendonor,” terangnya.

Pelaksanaan donor ditengah masyarakat yang berpuasa, sambung Lukas, membuat pihaknya mengubah waktu donor. Kalau biasanya pagi hari, untuk kali ini digelar sore hari sampai sesudah buka puasa.

“Karena masih puasa, jadi kami buka sore menjelang buka dan setelah berbuka puasa. Dalam catatan kami, para pendonor banyak dari kalangan masyarakat yang berpuasa,” jelasnya.

Meski begitu, Lukas memastikan antusias masyarakat tetap tinggi. Hari ini saja, panitia sampai menolak beberapa pendonor karena target stok telah tercapai.

“Selain itu, kami juga menyediakan pemeriksaan darah 3 item: Kadar Gula, Kolesterol dan Asam Urat. Kami berikan gratis selama dua hari pada tanggal 8 dan 14. Ini yang membuat animo cukup tinggi,” paparnya.

Kegiatan rutin PSMTI ini diakui oleh Humas UDD PMI Kabupaten Pasuruan, Soni Sumarsono, cukup membantu keberlangsungan stok darah PMI.

Dijelaskan oleh pria yang akrab disapa Soni ini, stok darah di Kabupaten Pasuruan tergolong aman. Hingga hari ini stok darah berkisar 500- an kantong.

Baca Juga : klik disini  Sebelum Ambruk, Pemdes Sumbersuko Sudah Ajukan Perbaikan Jembatan Ngipik

“Kami punya stok 581 kantong. Itu termasuk 4 golongan. Tiap golongan rerata 100 kantong lebih. Paling sedikit adalah AB, karena golongan darah itu cukup langka,” tuturnya.

Meski begitu, PMI akan terus menggenjot stok darah hingga 1500 kantong. Stok tersebut akan digunakan selama puasa dan pasca lebaran.

“Stok 500 dalam minggu-minggu ini insyaallah masih aman. Dalam sebulan penuh, target kami 1500 kantong untuk persiapan puasa dan pasca lebaran,” tukasnya.

Jurnalis: Indra

Berita Lainnya

PT.REDAKSI LUMBUNG BERITA 
error: Content is protected !!