Lumbung Berita
NEWS TICKER

Bangun Ekonomi Rakyat Bersama Bank Sampah, Harapan Baru Desa Karanganyar

Selasa, 29 Desember 2020 | 5:18 pm
Reporter:
Posted by: Redaksi

Probolinggo_Lumbung-berita.com
Dalam rangka meningkatkan pengetahuan dan kesadaran masyarakat terhadap penanganan sampah yang ramah lingkungan, serta mendorong terbentuknya Bank sampah wilayah Kecamatan Paiton, khususnya Desa Karanganyar, Selasa (29/12/20).

Warga Desa Karanganyar di harapkan mampu memanfaatkan sampah menjadi lebih bermanfaat dan berguna dari segi ekonomi. Bahkan, dari sampah mereka menjadikannya sebuah bank yang lebih dikenal dengan sebutan bank sampah.

PJ Desa Karanganyar, Eko S mengatakan saat Kabid pengelolaan sampah menyampaikan materi, tentang Kebijakan Pemerintah dalam pengelolaan sampah.

“Pengelolaan sampah dengan prinsip 3R. Pemateri terakhir yaitu Ketua Komunitas bank sampah menjelaskan mengenai proses pembentukan bank sampah,” Terangnya Eko S.

Berdasarkan data Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), disebutkan bahwa sumber utama sampah nasional yaitu 36% dari kegiatan rumah tangga.

Oleh karena itu, pendekatan pengelolaan sampah harus dilakukan pada sumbernya dan berbasis partisipasi masyarakat.

“Caranya dengan menerapkan prinsip 3R yakni, Reduce, Reuse dan Recycle, melalui pembangunan bank sampah di permukiman masyarakat,”Ungkapnya.

Pengelolaan sampah dengan sistem bank sampah diharapkan mampu membantu Pemerintah dalam mengatasi permasalahan sampah, sekaligus juga memberikan dampak sosial, ekonomi dan lingkungan.

Baca Juga : klik disini  Tim Giat Laporkan Penyebar Vidio Hoax soal Gus Ipul Punya Hutang

Kami selaku pemerintah Desa Karanganyar sudah menganggarkan untuk sarana pelatihan di tingkat RT maupun RW.

“Sehingga masyarakat Desa Karanganyar khususnya, mendapatkan sarana pelatihan tim pengolahan sampah dari Kabupaten Probolinggo,” Imbuh Eko S.

Harapan kami terobosan baru di Desa Karanganyar ini diharapkan mampu mendongkrak perekonomian masyarakat.

“Sehingga masyarakat tidak jenuh, dan mudah mendapat penghasilan di tengah pandemi Covid-19 yang melumpuhkan perekonomian masyarakat Indonesia,”Pungkas Eko S.

Jurnalis -Zen-Red.

Berita Lainnya

PT.REDAKSI LUMBUNG BERITA 
error: Content is protected !!