Lumbung Berita
NEWS TICKER

Banjir Bandang di Kepulungan : Bantuan Bakal Langsung Ditransfer ke Rekening Korban

Kamis, 4 Februari 2021 | 12:24 pm
Reporter:
Posted by: Redaksi

Pasuruan_Lumbung-berita.com
Bantuan untuk korban banjir bandang kali Kambeng di Kepulungan dipastikan akan langsung masuk ke rekening penerima.

Kepastian itu disampaikan oleh Sekda Kabupaten Pasuruan, Anang Saiful Wijaya di Dusun Kepulungan II, Desa Kepulungan, Kecamatan Gempol, Kamis (04/02/2021)

Pria yang akrab disapa Anang tersebut memastikan bantuan akan langsung masuk ke rekening korban tanpa melewati pihak manapun.

Untuk itu, ia meminta Kades Kepulungan, Didik Hartono untuk mempercepat pembukaan rekening bagi korban.

“Pak Kades kami minta segera laksanakan teknis pembukaan rekening. Nanti (dana) akan ditransfer langsung ke rekening korban-korban bencana. Jadi tidak melalui pemerintah kecamatan maupun desa,” ujarnya.

Lebih lanjut ia belum bisa memastikan besaran dana yang akan dikucurkan. Ia mengatakan langkah awal adalah proses asesmen terkait dampak kerugian.

“Belum bisa kita pastikan nominalnya. Kita masih melakukan asesmen,” ujarnya di hadapan sejumlah awak media.

Pemkab, sebutnya, juga akan mengantisipasi potensi terulangnya bencana di kemudian hari. Ia menerangkan akan memaksimalkan pintu-pintu air.

“Kita akan efektifkan pintu-pintu air. Bila hujan tinggi, sungai meluap, pintu-pintu air akan kita maksimalkan untuk mengantisipasi meluapnya air,” jelasnya.

Baca Juga : klik disini  Empat Jabatan Jajaran Polres Pasuruan di Lantik

Sejatinya, sungai Kambeng adalah wewenang Pemprov. Namun, demi penanganan bencana, Anang memastikan Pemkab akan ikut turun langsung.

“Kita akan lakukan penanganan darurat sesuai perintah Bupati. Jadi meskipun sungai sana kewenangan dari provinsi, kita akan menyentuh bersama BBWS Brantas dan juga BPD Provinsi,” paparnya.

Ditemui di tempat berbeda, Kepala Desa Kepulungan Didik Hartono menyambut baik bantuan dari Pemkab. Dirinya juga sepakat bila bantuan langsung menuju rekening para korban.

“Lebih baik memang langsung ke rekening korban, karena itu bantuan penanganan bencana dan saya juga tidak mau risiko. Untuk nama-nama calon penerima, sudah saya setorkan ke Sekda,” jelasnya.

Jurnalis : Indra.

Berita Lainnya

PT.REDAKSI LUMBUNG BERITA 
error: Content is protected !!