Lumbung Berita
NEWS TICKER

Bantu Persediaan Stok PMI, PSMTI Gelar Donor Darah

Selasa, 18 April 2023 | 4:02 am
Reporter:
Posted by: Redaksi

 

 

Pasuruan_Lumbung-berita.com
Keberadaan stok darah menjadi perhatian Paguyuban Sosial Marga Tionghoa Indonesia (PSMTI) Kabupaten Pasuruan. Untuk memastikan stok aman, PSMTI menggelar donor darah.

Donor dilaksanakan selama delapan hari di salah satu ruko di Kompleks Pertokoan Taman Dayu, Pandaan. Kemarin (17/4/2023), menjadi hari terakhir gelaran tersebut.

“Kami mengadakan donor darah karena melihat tiap bulan ramadan, stok darah PMI sering kali sedikit. Bahkan pada golongan darah tertentu, kosong,” jelas

Dari delapan hari itu, diperoleh 241 kantong darah. Kondisi bulan ramadan, membuat PSMTI menghelat donor darah selepas waktu berbuka puasa.

“PSMTI dan PMI Kabupaten Pasuruan sepakat menggelar malam hari. Biar para pendonor buka puasa dulu,” tutur pria yang akrab disapa Lukas tersebut.

Kedepannya, Lukas memastikan akan mengadakan kegiatan serupa. Karena dalam misi PSMTI, salah satunya adalah misi sosial untuk membantu Kabupaten Pasuruan.

“Jadi kegiatan ini adalah salah satu misi sosial dari Paguyuban kami,” terang pria yang juga menjabat sebagai Ketua Dewan Kebudayaan Kabupaten Pasuruan ini.

Baca Juga : klik disini 👇  Lika-Liku Sampah di Randupitu (1): Dari Pempes Terwujudlah Penghargaan

Dihubungi di tempat donor darah, Humas UDD PMI Kabupaten Pasuruan, Soni Sumarsono, menjabarkan perolehan kantong darah sampai hari terakhir adalah 241 kantong.

“Terkumpul 241 kantong. Antusias masyarakat luar biasa. Cuma kebanyakan calon pendonor gagal lolos skrining. Ya mungkin karena faktor puasa itu ya,” paparnya.

Meski begitu, pihaknya mengaku tetap puas. Pasalnya, stok darah PMI Kabupaten Pasuruan terbilang aman. Jumlah kantong darah sementara ini berkisar di 500-an kantong.

“Sampai lebaran H+7, stok darah cukup dan bisa dipastikan aman. Karena stok kita perhari ini (kemarin) sekitar 500 lebih kantong,” tukasnya.

Jurnalis: Indra

Berita Lainnya

PT.REDAKSI LUMBUNG BERITA 
error: Content is protected !!