Lumbung Berita
NEWS TICKER

Bantu Ringankan Petani, Pemdes Kepulungan Kembali Gelontorkan Benih Padi Premium

Kamis, 21 Maret 2024 | 5:48 pm
Reporter:
Posted by: Redaksi

Pasuruan_Lumbung-Berita.com
Bantuan benih padi premium kembali diberikan oleh Pemdes Kepulungan, Kecamatan Gempol, Kabupaten Pasuruan Kamis (21/3/2024). Bantuan untuk ketiga kalinya ini didistribusikan di Balai Desa.

Sama dengan sebelumnya, total benih yang digelontorkan sebanyak 5 ton. Seluruhnya diberikan kepada 7 kelompok tani (poktan) di Kepulungan.

“Kami berikan bantuan benih kepada petani. Agar produktivitasnya meningkat,” ujar Sekretaris Desa Kepulungan, Fahrudin.

Ia menuturkan, belakangan banyak petani yang mengalami kekecewaan. Pasalnya, hasil panen turun. Hal ini ditengarai karena sulitnya mendapatkan pupuk dan efek cuaca yang kurang bersahabat.

“Ini wujud kehadiran desa untuk meringankan petani. Banyak yang mengeluh pupuk sulit didapat dan tanaman banyak yang rusak karena faktor hujan dan angin beberapa pekan ini,” jelasnya.

Selain mendapatkan bantuan benih, petani yang hadir juga diberikan kesempatan menyampaikan unek-unek. Seluruh keluh kesah petani dijawab oleh tenaga ahli Balai Penyuluhan Pertanian Kecamatan Gempol Nur Cholillah dan Imam Azhari.

Di tempat yang sama, Kades Kepulungan Didik Hartono menyampaikan pemberian benih ini termasuk dalam ketahanan pangan. Pihaknya berkomitmen melaksanakan penggunaan dana desa sesuai Permendesa PDTT nomor 7/2023.

Baca Juga : klik disini 👇  Logo Ormas Dibakar, DPD GRIB JAYA Jatim Datangi Polres Pasuruan

“Sesuai Permendesa, ada 3 prioritas. Yaitu BLT-DD, tengkes (stunting), dan ketahanan pangan. Ketahanan pangan dialokasikan 20 persen,” ujar Didik.

Selain memberikan benih, pihaknya juga terus berupaya membenahi jalan usaha tani (JUT). Semua dilakukan agar petani dapat meningkatkan produktivitasnya.

“Termasuk kami juga berusaha membenahi jalannya petani. Biar jalannya bagus. Biar enak petaninya. Tapi kalau sudah bagus, ya tolong jangan dijual. Jangan malah dikavlingkan,” tutup Didik sambil berkelakar.

Jurnalis: Indra

Berita Lainnya

PT.REDAKSI LUMBUNG BERITA 
error: Content is protected !!