Lumbung Berita
NEWS TICKER

Baru Diresmikan, PSMTI Langsung Gelar Donor Darah

Minggu, 30 Januari 2022 | 8:58 am
Reporter:
Posted by: Redaksi

Pasuruan_Lumbung-berita.com
Paguyuban Sosial Marga Tionghoa Indonesia (PSMTI) Kabupaten Pasuruan memang baru saja diresmikan. Meski begitu, paguyuban ini sudah mengambil langkah yang patut diacungi jempol.

Pagi tadi (30/01/2022), PSMTI bahu membahu menggelar bakti sosial donor darah. Kegiatan ini berlangsung di Food Veranda Taman Dayu, Kecamatan Pandaan, Kabupaten Pasuruan.

Dalam gelaran perdana ini, para anggota paguyuban tampak kompak memakai seragam merah. Mereka dengan telaten melayani pendonor yang berjumlah ratusan tersebut.

“Ini kegiatan perdana kami, karena baru terbentuk Januari ini. Kami pilih kegiatan sosial donor darah, karena sebelum diresmikan, kami pun sering mengadakan donor darah di sini,” ujar Sekretaris PSMTI Lukas Cahaya Buana.

Lukas tak menampik baksos donor darah ini sebagai peringatan Imlek, tapi ia juga menekankan bahwa paguyubannya peduli dengan stok darah di PMI Kabupaten Pasuruan yang makin menipis.

“Momennya kebetulan pas. Pas dengan imlek dan pas kebutuhan darah di PMI lagi tinggi. Sedangkan stok kantong darah menipis. Makanya hari ini kami siapkan 200 kantong,” terangnya.

Baca Juga : klik disini  Wakapolres Pasuruan Bersama Tokoh Agama Mengikuti Zoom Meeting "Deklarasi Anti Narkoba Dan Cinta NKRI" Di Ponpes Wahid Hasyim

Untuk menarik minat masyarakat, sambungnya, tiap pendonor akan mendapatkan voucher makan. Voucher tersebut bisa ditukarkan di kedai manapun di Food Veranda.

“Peserta kami berikan gimmick. Berupa voucher makan. Jadi setiap pendonor mendapat voucher makan yang bisa digunakan di sini. Bebas mau pilih kedai yang mana,” tukasnya.

Pantauan Lumbung Berita di lokasi, masyarakat terlihat antusias mengikuti donor darah. Mereka dengan tertib antri. Peserta mendaftar lewat online maupun offline. Sampai pukul 11.00 WIB, lebih dari 100 kantong darah sudah terisi.

Antusias pendonor ini diamini oleh Humas UDD PMI Kabupaten Pasuruan, Soni Sumarsono. Menurut pria yang akrab disapa Soni ini, tiap kegiatan donor darah di Taman Dayu selalu mendapat respon positif dari masyarakat.

“Di sini selalu antusiasnya tinggi. Target hari ini 200 kantong, Insyaallah tembus. Karena peserta yang offline yang tak kebagian kuota sudah menunggu. Kalau yang online batal, mereka bisa masuk,” tuturnya.

Pria berkacamata ini melanjutkan, stok kantong darah di Kabupaten Pasuruan benar-benar kritis. Perhari ini, hanya tersedia 30 kantong. Bila 200 kantong terpenuhi, itu akan membuat persedian aman. Setidaknya 2-3 hari kedepan.

Baca Juga : klik disini  Bareskrim Polri Tetapkan Ambroncius Nababan Sebagai Tersangka

“Untuk hari ini menipis. Perhari ini jumlah stok kantong darah tinggal 30 kantong. Kalau ditambah hari ini dapat 200 kantong, maka stok darah kami aman sampai 2-3 hari lagi,” ungkapnya.

Dari 30 stok kantong tersebut, untuk golongan darah O dan AB diketahui sudah habis. Permintaan darah disejumlah rumah sakit, sebutnya, mengalami kenaikan yang cukup tinggi.

“Golongan darah O sama AB kosong. Kebetulan, kebutuhan darah di rumah sakit meningkat, sehingga kami harus jemput bola. Termasuk mendatangi tempat-tempat seperti ini. Jadi harapan kami mudah-mudahan ada penambahan stok untuk dua golongan itu,” pungkasnya.

Jurnalis: Indra.

Berita Lainnya

PT.REDAKSI LUMBUNG BERITA