Lumbung Berita
NEWS TICKER

Bentuk Sinergitas Penyelenggara Pemilu, ini yang Dilakukan Panwascam dan PPK Wonorejo saat Bimtek PTPS

Rabu, 31 Januari 2024 | 5:04 am
Reporter:
Posted by: Redaksi

Pasuruan_Lumbung-berita.com
Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwascam) Wonorejo mulai mengadakan Bimbingan Teknis (Bimtek) bagi Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS). Bimtek dilakukan untuk memberi pengetahuan serta keterampilan bagi para PTPS saat melaksakan tugas pengawasan.

Kegiatan di adakan di Pendopo Kecamatan dihadiri semua Divisi Panwascam, Ketua PPK, Muhammad Ubaidillah dan Divisi Teknis PPK Wonorejo, Wahyu Wuriadi, Selasa (30/01/2024).

Dalam Sambutannya ketua Panwascam Nahrowi, tak bosan-bosan memperingatkan agar para PTPS bersikap netral, tak hanya dalam bermasyarakat namun juga saat bersosial media.

“Netralitas ini sangatlah penting, terlebih saat bersosial media ini harus harus betul-betul dijaga, jangan sampai ikut arus peserta pemilu yang bisa mempengaruhi netralitas ke profesionalitas kita sebagai pengawas,” kata Nahrowi.

Bimtek ini dibagi menjadi tiga kelompok, mengingat di Kecamatan Wonorejo ada 15 desa dengan kebutuhan jumlah PTPS 163. Kelompok pertama hari ini sejumlah 54 PTPS dari 5 desa, kelompok 2 Rabu (31/1/2024) 55 PTPS dari 5 desa, kelompok 3 Kamis (1/2/2024) 54 PTPS dari 5 desa.

Lebih lanjut, dibuat menjadi 3 kelompok ini bukan tanpa sebab karena dikhawatirkan saat Bimtek, peserta PTPS kurang memahami isi materi, dalam Bimtek disampaikan tahapan pemungutan suara, teknis kerja PTPS dan hal-hal yang perlu diketahui pengawas saat bertugas di lapangan.

Baca Juga : klik disini 👇  Ketum LSM P-MDM (Gus Ujay) Mengapresiasi Kinerja Polsek Purwosari

“PTPS harus mendapatkan bekal yang cukup agar saat bertugas tidak ada keraguan dalam melakukan pengawasan, setelah dilakukan bimtek, PTPS dapat memahami dan menjalankan tugasnya,” tutup ketua Panwascam Wonorejo.

Hal serupa di sampaikan Wahyu selaku Divisi Teknis PPK Wonorejo saat memberikan materi. Menurutnya, ini sebagai bentuk sinergitas badan adhoc penyelenggara pemilu di Kecamatan Wonorejo.

“Agar nantinya PTPS dan KPPS memiliki pemahaman yang sama, terkait tekhnis pelaksanaan pemungutan dan penghitungan suara,” tutup Wahyu.

Bimtek bagi PTPS oleh Panwascam di Pendopo Kecamatan Wonorejo berlangsung tertib dan nyaman.

Jurnalis : SH.

Berita Lainnya

PT.REDAKSI LUMBUNG BERITA 
error: Content is protected !!