Lumbung Berita
NEWS TICKER

Budayawan Lakukan Ider Bumi di Prigen

Jumat, 21 Juli 2023 | 8:42 am
Reporter:
Posted by: Redaksi

Pasuruan_Lumbung-Berita.com
Peringatan 1 Sura juga dilakukan oleh budayawan Pasuruan dengan melaksanakan Ider Bumi di wilayah Kecamatan Prigen, Jumat (21/7/2023).

Menurut penggagas acara, Ervina Gading Sari, Ider Bumi adalah melakukan perjalanan dan berdoa di tempat yang diyakini pernah menjadi persinggahan leluhur.

Untuk hari ini budayawan melaksanakannya dengan berjalan kali sejauh 10 km. Di beberapa tempat yang diyakini pernah menjadi persinggahan leluhur, mereka berhenti sejenak memanjatkan doa.

“Rutenya (Kelurahan) Pecalukan-Prigen-Pecalukan lagi. Di tiap tempat yang diyakini pernah disinggahi leluhur, kami berhenti untuk berdoa,” terang Ervina.

Ia melanjutkan, acara ini dilakukan semata-mata ingin menghormati, menghargai dan merasakan perjuangan leluhur dalam membangun satu daerah. Termasuk juga membangun sebuah peradaban.

“Ini adalah cara kami dalam mengimplementasikan peringatan 1 Suro dalam bentuk napak tilas apa yang pernah dilakukan leluhur kami,” ujar budayawan dari Prigen ini.

Ider Bumi ini mendapat tanggapan antusias dari peserta. Bahkan peserta tak hanya dari Pasuruan, tetapi juga dari Surabaya, Semarang, dan Jakarta.

Ibnu Khamdun salah satu peserta dari Semarang menjelaskan jika motivasi dirinya ikut acara ini sebagai bentuk peran anak muda dalam melestarikan budaya bangsa.

Baca Juga : klik disini šŸ‘‡  Aktivis Pasuruan Demo Damai : Londo Main Drama Teatrikal di Gedung Putih

Ia menjelaskan, Ider Bumi merupakan Obyek Pemajuan Kebudayaan. Sebagai kaum milenial, ia ingin generasi seangkatannya mencintai budaya meski terkadang dianggap kolonial.

“Kami wajib ikut melestarikan budaya bangsa yang Adi luhung ini meski masih sedikit anak-anak muda yang mau terlibat dalam acara ritual ini,” ujar pemuda lajang dan berambut kribo ini.

Sementara itu, Ketua Forum Pamong Kebudayaan (FPK) Jawa Timur, Ki Bagong Sabdo Sinukarto mengaku salut atas upaya masyarakat Prigen ikut memperingati Tahun Baru Saka ini dengan berbagai cara.

Dirinya juga mengaku baru tahu kalau di Prigen ada ritual semacam ini meski acara ini sudah berlangsung sekitar 5 tahun lalu. Pihaknya mengaku sangat apresiatif.

“Apresiasi untuk Mbak Ervina dan kawan-kawan yang masih sudi menghormati leluhurnya dalam memperingati 1 Suro ini,” ujar pria yang tinggal di Prigen ini.

Sebelum acara dilaksanakan, malam hari sebelumnya dilakukan Diskusi tentang makna dari peringatan 1 Sura dalam berbagai prespektif.

Jurnalis: Indra

Berita Lainnya

PT.REDAKSI LUMBUNG BERITAĀ