Lumbung Berita
NEWS TICKER

Camat Gempol Siapkan Tim Pendamping Vaksinasi untuk Lansia

Rabu, 3 November 2021 | 3:19 pm
Reporter:
Posted by: Redaksi

Pasuruan_Lumbung-berita.com
Camat Gempol, Taufiqul Ghoni memastikan lansia yang gagal mengikuti vaksinasi akan mendapatkan pendampingan. Pernyataan pria yang akrab disapa Ghoni itu terucap usai rakor di salah satu Kedai di Kecamatan Gempol, Kabupaten Pasuruan, Rabu (03/11/2021).

“Lansia yang gagal ikut vaksinasi akan kami dampingi. Data-data siapa yang belum dan sudah divaksin, sudah kami pegang,” jelasnya.

Pendampingan itu akan melibatkan Nakes, Babinsa, dan Bhabinkamtibmas. Menurut Ghoni, lansia yang belum divaksin disebabkan oleh dua faktor. Faktor pertama gagal karena kondisi lansia itu sendiri. Faktor kedua karena belum mendaftar vaksinasi.

“Fakta di lapangan, beberapa lansia ada yang gagal dikarenakan mungkin tensinya tinggi ataupun punya penyakit penyerta yang oleh dinkes tidak diizinkan,” paparnya.

Terhadap lansia yang gagal vaksin, tim pendamping akan memantau kondisi lansia tersebut. Tak menutup kemungkinan akan memberi obat-obatan terbaik sampai kondisinya memungkinkan untuk divaksin.

 

“Lansia yang gagal vaksin terus dipantau setiap hari, diberi vitamin, dan dirawat dengan baik. Ketika sudah bisa divaksin, maka akan divaksin,” terangnya.

Baca Juga : klik disini  Penutupan Kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Islam Malang di Bumdes Mavendra

Untuk lansia yang belum divaksin, tim akan bergerak melakukan edukasi. Tim akan memberikan pengertian dan pemahaman vaksinasi dengan pendekatan kearifan lokal.

“Kadang-kadang lansia itu takut. Nah, ini akan diberi edukasi, bahwa vaksin tidak mengenal usia karena penyakit bisa menyerang usia berapapun. Jadi pelan-pelan kami akan atasi sesuai dengan kearifan lokal. Semua lansia akan kita dampingi,” pungkasnya.

Jurnalis: Indra

Berita Lainnya

PT.REDAKSI LUMBUNG BERITA 
error: Content is protected !!