Lumbung Berita
NEWS TICKER

Delapan Bulan Haknya Belum diberikan, Karyawan PT. MFI Gelar Demo

Jumat, 23 Juni 2023 | 1:11 pm
Reporter:
Posted by: Redaksi

Pasuruan_Lumbung-berita.com
8 (delapan bulan) haknya belum terealisasi, karyawan PT. Milenia Furnitur Industri (MFI) gelar demo di depan perusahaan, Jl. Raya Wonorejo Desa Sambisirah Km. 14 Kabupaten Pasuruan, Jumat (23/06/2023).

Dari pantauan awak media di lokasi, ratusan pekerja PT. MFI yang tergabung di organisasi Serikat Pekerja Kimia Energi Pertambangan Minyak Gas Bumi dan Umum (SP KEP), melakukan aksi menyampaikan pendapat di muka umum (demo).

Demo sebagai bentuk protes terhadap pengusaha PT. MFI yang belum juga memenuhi hak – hak pekerja hingga 8 bulan.

Aksi di hadiri semua anggota PUK SP KEP PT. MFI, jajaran Dewan Pimpinan Cabang FSP KEP – KSPI Kabupaten Pasuruan dan perwakilan beberapa PUK SP KEP di Kabupaten Pasuruan, dan hadir juga Sunandar S,.H Selaku Ketua Umum DPP FSP KEP – KSPI.

Joko Sambang selaku pekerja di PT.MFI sekaligus sebagai ketua PUK SP KEP PT. Millenia Furniture Industries Dalam orasinya menyampaikan bahwa, hari ini kami terpaksa mengelar aksi karna hak-hak kami belum juga diberikan pihak pengusaha PT. MFI.

“Perusahaan tidak membayar upah tepat waktu, perusahaan belum membayar upah pekerja selama 8 bulan (dari bulan november 2022 hingga saat ini). Upah pekerja masih di bawah ketentuan UMK Kabupaten Pasuruan, pihak pengusaha PT.MFI belum membayar iuran BPJS Kesehatan dan Ketenaga kerjaan, sehingga jika pekerja dan keluarganya sakit tidak bisa berobat dan harus membayar sendiri, hak-hak ahli waris untuk pekerja yang meninggal dunia masih belum terbayar,” katanya.

Baca Juga : klik disini 👇  Jaring Aspirasi, Setda Kabupaten Pasuruan Gelar Forum Konsultasi Publik

Akhmad Soleh S.H M,H selaku ketua DPC FSP KEP Kabupaten Pasuruan menegaskan di dalam orasinya, kami akan selalu mengawal permasalahan – permasalahan di PT. MFI hingga tuntas.

“Kami sangat menyayangkan karna dari pihak perusahaan PT. MFI hari ini tidak ada yang menemui dan tidak berada di perusahaan, sehingga upaya untuk mencari solusi terbaik untuk permasalahan pekerja PT. MFI tidak bisa ditemukan,” ucap pria yang murah tersenyum tersebut.

Di kesempatan yang sama Ketua Umum FSP KEP KSPI Sunandar S,H menambahkan kalau pihaknya akan berjuang bersama – sama dalam permasalahan yang di alami kawan – kawan pekerja di PT. MFI.

“Segera mungkin kami akan mendesak disnaker provinsi jatim untuk segera menindaklanjuti nota peringatan 2 dari pengawas ketenagakerjaan yang sudah dikeluarkan, agar masalah ini cepat terselesaikan,” ujarnya.

Sementara itu salah satu karyawan, Sp, mengatakan kalau demo kali ini yang ke 3 (tiga) harinya. Menurutnya, demo akan di perpanjang hingga pihak perusahaan memberikan jawaban dan hak karyawan.

Baca Juga : klik disini 👇  Motor Dinas BPD Nogosari Raib: Oknum Kabur Usai Tarik Biaya PTSL

“Tadi kami pengajuan APH untuk memperpanjang demo kami,” jelas perwakilan karyawan.

Dari aksi, banyak terbentang banner dengan berbagai tulisan, salah satunya. “Kembalikan hak kami yang di rebut wahai penguasa, upah kami 8 bulan, tunggakan iuran bpjs kesehatan”.

Selain aksi, para karyawan juga melakukan doa bersama. Aksi selesai pada siang hari dan berjalan lancar, dan tidak menutup kemungkinan akan ada aksi lanjutan yang lebih besar, dengan mendatangkan ribuan masa.

Hingga berita ini diterbitkan, awak media belum bisa bertemu pihak perusahaan dengan alasan keluar kota.

Jurnalis : Lum.

Berita Lainnya

PT.REDAKSI LUMBUNG BERITA 
error: Content is protected !!