Lumbung Berita
NEWS TICKER

Desa Kayoman : Jajaran Polsek Purwosari Cegah PMK dengan Penyemprotan Disinfektan 

Jumat, 8 Juli 2022 | 10:42 am
Reporter:
Posted by: Redaksi

 

Pasuruan_Lumbung-berita.com
Ibarat “Lebih baik mencegah daripada mengobati” dilaksanakan jajaran Polsek Purwosari, dengan adanya Penyakit Mulut dan Kuku (PMK).

Kali ini pencegahan PMK bertempat kandang sapi milik warga Desa Kayoman, Kecamatan Purwosari, Kabupaten Pasuruan, Jumat (08/07/22).

Kapolsek Purwosari, AKP Safiudin, S.Pd menyampaikan kalau kegiatan kali ini dalam rangka Operasi Aman Nusa, dalam bentuk penyemprotan disinfectan.

“Untuk mengantisipasi penyebaran PMK hewan di wilayah Kecamatan Purwosari,” kata Kapolsek Purwosari. 

Hadir dalam kegiatan, Kapolsek Purwosari, AKP Safiudin, S.Pd. Penyuluh Peternakan, Drh Sidi. Pemerintah Desa Kayoman. Kanit Reskrim Polsek Purwosari dan Bhabinkamtibmas Kayoman, Aipda A Bambang P. S.H. Kanit Provost Polsek Purwosari, Aiptu M.Sholeh serta lainnya.

Dalam kesempatan itu, jajaran Polsek Purwosari berharap agar perangkat desa menghimbau kepada warganya yang memiliki hewan ternak jenis sapi, kambing, kerbau juga kuda agar tidak memandikan hewan ternaknya di sungai. 

“Pemilik hewan ternak agar berkoordinasi dengan dinas peternakan setempat serta dokter hewan terdekat, guna pengecekan kondisi kesehatan ternak miliknya. Apabila ada yang diketemukan terindikasi / terdiagnosa PMK hewan segera dilakukan langkah mitigasi, yang tepat berkoordinasi dengan instansi terkait,” harap jajaran Polsek Purwosari.

Baca Juga : klik disini  Agus Cokel: Yang Maling Ingin Jadi Baik, Kok Yang Baik Jadi Maling

Jajaran Polsek Purwosari menambahkan,  pemilik hewan ternak agar menerapkan langkah mitigasi pakan steril, peternak menggunakan sistem buruh arit pakan lokal (tidak mengambil pakan dari lokasi desa lain). selanjutnya disimpan dengan sistem fementasi ditambah empon-empon (rempah-rempah),” tambahnya.

Untuk biosecurity/desinfeksi kita didik / latih untuk melakukan biosecurity mandiri, untuk kandang masing-masing, tidak ke kandang lain yang bukan milik peternak itu sendiri,” lanjutnya.

Yang paling penting lagi, jelas jajaran Polsek Purwosari, tidak diperkenankan orang/ yang bukan  pemilik ternak masuk ke kandang peternak kecuali petugas yang berkompeten melakukan pengobatan (dengan biosecurity ketat). Karena manusia juga bisa menjadi agen penyebab penularan virus PMK (penularan tidak langsung) melalui pakaian, tangan yang tidak hygienis, peralatan, sepatu.

“Sosialisasi / KIE (komunikasi, informasi dan edukasi) untuk peternak dilakukan jauh dari kandang/ ternak,” tutup jajaran Polsek Purwosari.

Di akhir kegiatan penyemprotan disinfektan, jajaran Polsek Purwosari, menerangkan agar dibentuk pokja/ per dusun yang  akan di latih tentang pemahaman PMK /penanganan awal PMK.

Penanganan awal PMK nantinya diharapkan sebagai agen yang ikut juga mengedukasi masyarakat sekitarnya, dan memudahkan juga pelaporan dan lainnya. Sekaligus meningkatkan kesadaran masyarakat sampai tingkat dusun untuk bersama-sama menangani  terkait lalulintas / perdagangan ternak. 

Baca Juga : klik disini  SMK I Puspo Gelar Pameran Produk

Kegiatan berjalan aman dan tertib dengan penuh keakraban, serta menerapkan Protkes dengan ketat. 

Jurnalis : Lum.

Berita Lainnya

PT.REDAKSI LUMBUNG BERITA