Lumbung Berita
NEWS TICKER

Diduga Korsleting Listrik, Rumah di Palembon Prigen Terbakar

Jumat, 9 Juni 2023 | 10:32 am
Reporter:
Posted by: Redaksi

Pasuruan_Lumbung-Berita.com
Warga lingkungan Palembon, Kelurahan Prigen, Kabupaten Pasuruan, pagi tadi (9/6/2023) mendadak gempar. Pasalnya, salah satu rumah milik warga, terbakar hebat.

Kebakaran yang menurut dugaan warga berasal dari korsleting listrik ini menimpa rumah Achmad (60). Kejadiannya sekira pukul 07.00 WIB.

“Kalau melihat dari api nya, sepertinya berasal dari lantai atas. Dugaan kami karena korsleting,” tutur saksi mata, Triono (60).

Triono yang mengetahui rumah Achmad terbakar, segera berlari untuk menyelamatkan Katin. Saat itu perempuan berusia 80 tahun tersebut sedang duduk di kursi di ruang utama.

“Saya paksa buka pintunya. Saya bawa Bu Katin keluar rumah. Kondisi rumah sudah penuh asap. Sebagian api sudah terlihat di plafon,” tuturnya.

Rumah itu sendiri dihuni oleh Katin, Achmad dan istrinya, Nurul, beserta anaknya. Ketika kebakaran terjadi, di dalam rumah tinggal Katin seorang. Achmad dan Nurul pergi bekerja. Sementara anaknya sedang bersekolah.

Beruntungnya, Katin cepat ditolong keluar rumah. Sebab, tak lama kemudian plafon itu ambruk. Api pun makin membesar di dalam ruangan.

Baca Juga : klik disini 👇  Aktivis Pasuruan Demo Damai : Londo Main Drama Teatrikal di Gedung Putih

“Belum semeter keluar rumah, plafon ambruk. Di dalam situ masih ada motor beat milik Achmad yang belum sempat diselamatkan,” ungkapnya.

Tetangga lain yang mengetahui langsung tanggap menyiramkan air dengan alat yang ada. Bila telat sedikit, bisa jadi rumah di kanan-kiri ikut terbakar.

“Karena kondisi di lingkungan sini rumahnya dempet-dempet. Kalau enggak segera dipadamkan bisa menjalar ke rumah-rumah sebelahnya,” tuturnya.

Meski sudah berusaha dipadamkan, namun amukan si jago merah tak bisa dihentikan dalam sekejap. Rumah dua lantai beserta sebagian besar isinya itu pun ludes. Beruntung tidak ada korban jiwa.

Polisi, Tagana, dan Satpol PP yang mendapat informasi langsung mendatangi lokasi. Seusai api dipadamkan, Tagana dengan dibantu warga berusaha menyisir puing kebakaran untuk menemukan benda berharga.

Menurut Kapolsek Prigen, AKP Sugiyanto, kerugian materiil akibat kebakaran ini ditaksir sekitar Rp200 juta. Beberapa benda berharga dilaporkan ikut terbakar. Seperti motor Beat, BPKB, TV, Mesin cuci, uang tunai puluhan juta, dan dokumen-dokumen penting lainnya.

“Api berhasil dipadamkan sekitar pukul 08.00 WIB. Tidak ada korban jiwa. Namun, kerugiaan materiil ditaksir 200 juta,” tutupnya.

Baca Juga : klik disini 👇  Aktivis Pasuruan Demo Damai : Londo Main Drama Teatrikal di Gedung Putih

Jurnalis: Indra

Berita Lainnya

PT.REDAKSI LUMBUNG BERITA