Lumbung Berita
NEWS TICKER

Diduga Salahi Aturan, Area Bangunan di Desa Sruwi Mendapat Sorotan

Selasa, 25 Mei 2021 | 1:26 am
Reporter:
Posted by: Redaksi

Pasuruan_Lumbung-berita.com
Area yang sedianya akan di bangun gedung di Desa Sruwi Kecamatan Winongan Kabupaten Pasuruan, di persoalkan warga serta dapat sorotan dari LSM-Garda Nusantara, Senin (24/05/21).

Tikam, selaku kepala Desa Sruwi menyampaikan, tidak mengetahui masalah izin dugaan bangunan gedung di area tersebut.

“Areanya yang akan di bangun sekitar 1.7 hektar itu pun saya tidak tahu, mau di bangun apa cuman ada pemberitahuan kalau mau bangun rumah pribadi yang ada kolam renangnya dan makamnya gitu. Saya tidak tahu pasti karena saya belum terima atau lihat gambar gedungnya kayak apa,” Tutur Kades Sruwi.

Dikatakan Tikam, warga sebenarnya resah karena lalu lalang truk serta debunya, karena area tersebut sudah ada pengurukan serta sudah ada pembangunan.

“Sampai saat ini belum pernah ada izin (izin lingkungan), dan saya belum tau di lihat kan surat izin-izin dari dinas terkait,” Jelas Kades Sruwi.

Sementara Zaenal Abidin, ketua Lembaga Swadya Masyarakat (LSM) Garda Nusantara, ikut bersuara serta melayangkan surat yang di tujukan ke Camat Winongan.

Baca Juga : klik disini  Kapolri Putuskan 1.062 Polsek Tidak Lakukan Proses Penyidikan

Menurut Zaenal Abidin, pemerintah Kecamatan Winongan untuk proaktif melakukan monitoring dan evaluasi terkait proses pembangunan yang ada di Desa Sruwi.

“Demi terjaganya kondusifitas wilayah serta sebagai upaya penegakan peraturan yang ada, baik aturan dari pemerintah pusat ataupun aturan dari Pemerintah Daerah( Perda),” Ucap panggilan Zaenal.

Ketua LSM-Garda Nusantara menambahkan, masalah izin bangunan harus di jalani sesuai aturan.

“Persyaratan administratif bangunan gedung meliputi persyaratan status hak atas tanah,
status kepemilikan bangunan gedung dan izin mendirikan bangunan harus sesuai dengan fungsi bangunan, serta pembangunan suatu gedung dapat dilaksanakan setelah rencana teknis bangunan gedung disetujui oleh pemerintah daerah dalam bentuk Ijin Mendirikan Bangunan (IMB). Sekarang sudah ada pengurukan, apakah ada izinnya.?,” Ungkap Zaenal.

M. Fuad sekertaris Kecamatan Winongan menerima baik atas surat yang di layangkan LSM-Garda Nusantara.

“Terimah kasih dan saya terima suratnya, saya akan kordinasi kan ke Pak Camat nanti, karena sedang ada giat di luar,” Tegas M. Fuad.

Sampai saat berita ini di naikan pukul 22:30 Wib, pihak CV atau Management area tersebut belum bisa di klarifikasi. (Bersambung).

Baca Juga : klik disini  Buntut Asusila Perangkat Desa Pateguran, Kades berikan Surat Peringatan

Jurnalis : Samsul A.

Berita Lainnya

PT.REDAKSI LUMBUNG BERITA 
error: Content is protected !!