Lumbung Berita
NEWS TICKER

Dinilai Sukses, Lele Kepulungan Jadi Jujukan Pembudidaya se-Pasuruan

Kamis, 30 November 2023 | 12:33 pm
Reporter:
Posted by: Redaksi

Pasuruan_Lumbung-Berita.com
Budidaya lele di Desa Kepulungan, Kecamatan Gempol, Kabupaten Pasuruan dinilai sukses. Kesuksesan ini membuat Dinas Perikanan menjadikan Kepulungan sebagai jujukan para pembudidaya lainnya.

Hari ini (30/11/2023), pembudidaya lele dari perwakilan tiap kecamatan se-Kabupaten Pasuruan itu belajar dan berlatih di kolam yang terletak di Dusun Tamanan tersebut.

“Desa Kepulungan di Agustus kemarin jadi satu diantara tiga desa yang mendapat Demonstrasi kolam untuk lele. Dari tiga lokasi itu, yang kami nilai cukup berhasil adalah Kepulungan,” jelas Kabid Perikanan Budidaya Dinas Perikanan Kabupaten Pasuruan, Prela Antiqa Feminia.

Indikator keberhasilan itu, terang Prela, adalah kedisiplinan menerapkan SOP, hasil panen sesuai target, dan produknya sehat. Bila disimpulkan, lele yang dipanen, sehat dengan pakan organik.

“Jadi teman-teman memang kita latih untuk budidaya tanpa menggunakan pakan alternatif yang dinilai negatif, seperti ayam tiren, usus busuk, dan lainnya yang membuat lele tidak sehat,” paparnya.

Keberhasilan ini membuat pihaknya menjadikan Kepulungan sebagai proyek percontohan budidaya lele sehat. Pemantauan Lumbung Berita, seluruh peserta diajak membuat pakan organik. Termasuk juga praktik langsung pemberian pakan di kolam.

Baca Juga : klik disini 👇  Lika-Liku Sampah di Randupitu (1): Dari Pempes Terwujudlah Penghargaan

“Golnya adalah keamanan pangan. Kalau sudah keamanan pangan secara otomatis sudah ketahanan pangan, karena sudah nyata hasil produknya. Jadi, enggak hanya asal produksi, tapi harus baik dan sehat. Sehingga tidak berbahaya dikonsumsi manusia,” bebernya.

Perempuan berkerudung ini meneruskan, seluruh peserta adalah para pelaku budidaya lele. Baik kelas pemula maupun pemain lama. Nantinya setelah pelatihan ini usai, Dinas Perikanan masih melakukan pendampingan sampai pembudidaya sanggup mempraktekkan.

“Kalau panen biasanya kita hadir. Kita sosialisasikan ke teman-teman lain. Biar ada stimulus tersendiri. Juga sudah ada grup sendiri di tiap kecamatan. Jadi nanti ada pendampingan. Kita pasti kontinyu dan terus melakukan pendampingan,” pungkasnya.

Jurnalis: Indra

Berita Lainnya

PT.REDAKSI LUMBUNG BERITA 
error: Content is protected !!