Lumbung Berita
NEWS TICKER

Dorong Ungkap Dugaan Pemotongan BOP, LSM Datangi Kejaksaan Negeri Pasuruan

Rabu, 17 Februari 2021 | 11:25 am
Reporter:
Posted by: Redaksi

Pasuruan_Lumbung-berita.com
Santer rumor dugaan pemotongan dana hibah Bantuan Opesional Pendidikan (BOP), dari Kementerian Agama (Kemenag) RI untuk Kota maupun Kabupaten Pasuruan, menarik perhatian LSM Pusaka, GMBI dan AMCD.

Mereka mendatangi Kejaksaan Negeri Kabupaten Pasuruan untuk mendorong Kejaksaan agar mengungkap fakta yang sudah terjadi, Rabu (17/02/2021).

BOP sendiri dikucurkan Kemenag RI pada tahun 2020, bantuan itu diberikan untuk menunjang pendidikan keagamaan dan pesantren di masa pandemi Covid-19.

Baca Juga : klik disini  Pemerintah Desa Kejapanan Gempol Mengucapkan "Selamat Tahun Baru 2021"
Baca Juga : klik disini  PERINGATAN: MENGHALANGI KERJA JURNALIS, DIBUI. KETUA UMUM PJI KECEWA VONIS PENYIKSA JURNALIS NURHADI “BANCI”

Pesantren sekala kecil BOP 25 juta, sekala sedang 40 jata dan sekala besar 50 juta serta Madin dan TPQ masing-masing 10 juta.

Asyari, Ketua Umum LSM GMBI menyatakan dukungannya terhadap kejaksaan, kami datang untuk men support Kejaksaan agar menegakan supermasi hukum yang seadil-adilnya.

“Karena kami rasa pemotongan BOP ini dilakukan secara masif dan systematis, untuk nominal pemotongan sangat variatif dari 20%, 25% sampai 50%,” Tegas Asyari.

Direktur Pusat Studi Advokasi dan Kebijakan (Pusaka), Lujeng Sudarto juga menyampaikan bahwa untuk penentuan siapa saja yang menerima dan jumlahnya berapa hasil pemotongan BOP ini kita serahkan ke kejaksaan.

“Mungkin harus full data full bucket, syukur bisa masuk ke pelidikan bahkan penyidikan. Konsent kami kalau ini faktanya masif terjadi di seluruh kabupaten yang jelas ada aktor intelektualnya, kasus ini jelas ada yang design,” Tuturnya.

Ditempat yang sama Kasi Intel Kejari Kabupaten Pasuruan, Jemy Sandra menanggapi hal itu dan mengucap terimah kasih ke teman-teman LSM, yang hadir untuk diskusi serta mendorong kejaksaan agar mendalami serta mengungkap kasus dugaan pemotongan BOP.

“Kami akan lakukan secara prosedur, full data full bucket dulu dan sebelumnya kita sudah mendapatkan laporan Informasi serta pengaduan terhadap kasus ini,” Pungkasnya.

Dalam hal ini, masyarakat menyambut baik kinerja LSM untuk mengungkap tabir dugaan pemotongan BOP, untuk kebaikan bersama.

Jurnalis : Samsul A.

Berita Lainnya

PT.REDAKSI LUMBUNG BERITA 
error: Content is protected !!