Lumbung Berita
NEWS TICKER

Dosen Unesa Giat Penyuluhan dan Pelatihan Produk Kerupuk Rumput Laut

Senin, 14 November 2022 | 4:37 am
Reporter:
Posted by: Redaksi

Pasuruan_Lumbung-berita.com
Pasuruan merupakan salah satu kota dengan hasil alam berupa rumput laut yang cukup besar. Akan tetapi, diversifikasi produk olahan rumput laut yang dilakukan oleh masyarakat sekitar belum maksimal, apalagi dalam segi pemasaran, Senin (14/11/22).

Hal tersebut membuat Dosen Unesa tergerak untuk melakukan penyuluhan dan pelatihan mengenai pengelolaan produk rumput laut yang ada di desa Jarangan, Kabupaten Pasuruan, dengan mitra Poklahsar Mina Lestari Faiz.

Penyuluhan yang dilaksanakan selama 2 hari yaitu 13-14 Agustus 2022 oleh Dosen Unesa meliputi beberapa materi, yakni tentang peningkatan kualitas produksi pangan dari rumput laut dengan penambahan zat aditif alami, yaitu daun kelor dan bawang putih pada produk kerupuk rumput laut serta diversivikasi produk minuman segar jelly drink.

Selain itu, tim PKM juga memberikan penyuluhan tentang pengemasan hasil produk, manajemen usaha, serta strategi pemasaran produk yang telah dibuat.

Kegiatan dilakukan tim PKM dari Unesa antara lain, Dina Kartika Maharani, Dian Savitri, Dwi Kristiatuti Suwardiyah serta penilik dari Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Pasuruan, Farida Nur Chasanah.

Kegiatan dibantu beberapa orang mahasiswa Unesa diikuti 20 orang peserta Ibu-ibu anggota kelompok pengolah pemasar (Poklahsar) Mina Lestari Faiz.
Kegiatan bertempat di balai Desa Jarangan, Kecamatan Rejoso, Kabupaten Pasuruan.

Baca Juga : klik disini  Tomas Angkat Bicara soal Penutupan Tandon Perumda Tugu Tirta Kota Malang

Dijelaskan ketua tim PKM Unesa, Dina Kartika Maharani, M.Sc, penambahan bahan anti oksidan alami daun kelor dan bawang putih pada kerupuk rumput laut ini selain meningkatkan kualitas mutu gizi produk kerupuk, juga menambah cita rasa serta warna yang menarik pada kerupuk rumput laut.

“Hal tersebut diharapkan dapat menambah omzet penjualan kerupuk rumput laut, yang diproduksi oleh mitra Poklahsar Mina Lestari Faiz,” kata Dina Kartika Maharani, M.Sc.

Ditambahkan sapaan Dina, pengemasan kerupuk rumput laut bawang dan daun kelor
setelah kegiatan penyuluhan dan pelatihan semakin meningkat.

Tim PKM dari Unesa berharap, produk olahan rumput laut yaitu minuman segar jelly drink rumput laut yang di-upgrading pengemasan produknya menggunakan alat sealer cup.

“Kerupuk rumput laut dengan variasi rasa dan bahan tambahan antioksidan alami dari daun kelor dan bawang putih dapat unggul di pasaran,” tutup Dina Kartika Maharani, M.Sc.

Kegiatan penyuluhan dan pelatihan oleh Tim PKM dari Unesa mengenai pengelolaan produk rumput laut, berjalan dengan nyaman dan tertib.

Baca Juga : klik disini  Gus Ham Bantu STIE Kertanegara Malang Gelar Santunan Anak Yatim

Jurnalis : Lum.

Berita Lainnya

PT.REDAKSI LUMBUNG BERITA