Lumbung Berita
NEWS TICKER

Dugaan Korupsi Plaza Bangil dan Plaza Untung Suropati, ini kata Kajari..!!

Minggu, 21 Agustus 2022 | 1:11 pm
Reporter:
Posted by: Redaksi

Pasuruan_Lumbung-berita.com
Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Kabupaten Pasuruan, Ramdhanu Dwiyantoro, turut menyoroti dugaan korupsi dan penyelewengan sewa kios di Plaza Bangil juga Plaza Untung Suropati, Kecamatan Bangil, Kabupaten Pasuruan.

Disampaikan Kasi Pidsus Kejari Kabupaten Pasuruan, Denny, beberapa waktu lalu yang menyatakan bahwa, perkara dugaan korupsi pemanfaatan Plaza Bangil dan Plaza Untung Suropati, telah naik dari penyelidikan ke penyidikan. Dari hasil perhitungan sementara ini, kata Denny, dugaan ada kerugian negara sebesar Rp.37milyar.

Berdasarkan laporan BPK (Badan Pemeriksa Keuangan) didapati bahwa piutang pembayaran sewa kios Plaza Bangil dan Untung Suropati sudah terjadi 2010 atau sejak 12 tahun yang lalu.

“Artinya, dugaan kuat selama ini para pemakai lahan di plaza bangil dan plaza untung suropati tidak pernah membayar uang sewa, atau para pedagang/pemilik usaha telah membayar akan tetapi uangnya tidak masuk ke Kas Daerah (Pemkab Pasuruan),” kata Denny kala itu.

Disisi lain, keterangan yang didapat dari Bhakti yang menjabat sebagai Kasi Pasar pada Dinas Perindustrian Kabupaten Pasuruan, saat dikonfirmasi sesudah menjalani pemeriksaan di tim penyidik Pidsus Kejari Kabupaten Pasuruan oleh awak media menjelaskan.

“Pihak Disperindag Kab. Pasuruan sudah beberapa kali melakukan penagihan atas sewa lahan yang ditempati tersebut pada para pemilik usaha, baik di plaza bangil atau plaza untung suropati. Namun, mereka (para pemilik usaha) menolak lantaran sudah memiliki bukti hak milik atas stand yang telah ditempati tersebut, lantaran sudah membeli pada pengembang,” ungkap Bhakti.

Baca Juga : klik disini 👇  Bela Warkop Karaoke, Aktivis Desak Pemkab Pasuruan Terbitkan Perda

Sementara itu saat awak media mengkonfirmasi Kepala Kejaksaan Negeri Kabupaten Pasuruan, soal kelanjutan progres pemeriksaan dugaan korupsi Plaza Bangil dan Plaza Untung Suropati, Minggu (21/8/2022) melalui, sambungan telepon selularnya menyampaikan.

“Tim penyidik telah mengumpulkan semua keterangan dari sejumlah pihak yang berkompeten, baik dari dinas terkait ataupun pemilik usaha di dua tempat,” tegasnya.

Lebih lanjut dijelaskan, dari data dan keterangan yang sudah disampaikan pada penyidik muncul adanya bukti kepemilikan hak atas stand atau tempat usaha di Plaza Bangil dan Plaza Untung Suropati.

Atas munculnya hak kepemilikan tersebut, kata Ramdhanu, tentu saja akan segera kami lakukan penelusuran. Kenapa bisa para pedagang/pemilik usaha mempunyai hak kepemilikan tersebut. Padahal, lahan di dua tempat usaha tersebut adalah milik negara (Pemkab Pasuruan).

Semisal saja di Plaza Untung Suropati, nyata sudah bahwa lahan tersebut sebelumnya adalah kantor kawedanan bangil, yang dialih fungsikan sebagai tempat usaha rakyat,”jelasnya.

Ditambahkan, atas hal tersebut pihaknya tidak akan ada kompromi dan sesegera mungkin melakukan tindakan tegas pada semua pihak yang terlibat atas penyelewengan atas tanah negara. Ingat dan mohon dicatat, lanjut Ramdhanu, saya sebagai alat penegak hukum tidak akan membiarkan siapapun orangnya yang telah serta merta menguasai tanah negara tanpa prosedur yang jelas. Artinya semua yang terlibat akan kami sikat sampai habis.

Baca Juga : klik disini 👇  Home Industry Sabu di Pasuruan Dibongkar Polres Malang

Salah satu contoh dengan keberadaan Moeslim Property yang secara tidak sah menguasai plaza bangil yang dibuat kantor, rumah dan caffe. Kami berharap Moeslim Properti dan beberapa nama di plaza untung suropati, untuk bersikap koorperatif dan gentlemen,” tutup Ramdhanu Dwiyantoro.

Penerbit : Redaksi.

Berita Lainnya

PT.REDAKSI LUMBUNG BERITA 
error: Content is protected !!