Lumbung Berita
NEWS TICKER

FPK Beri Penghargaan Dalang Cilik Terbaik Jatim 2023

Minggu, 12 November 2023 | 5:36 pm
Reporter:
Posted by: Redaksi

Mojokerto_Lumbung-Berita.com
Keberhasilan Pasa Rakha Syailendra meraih predikat dalang cilik terbaik Jatim 2023 membuat Forum Pamong Kebudayaan (FPK) Jatim memberi piagam penghargaan berbahasa jawa.

Piagam ini diberikan langsung oleh Ketua FPK Jatim, Ki Bagong Sabdo Sinukarto di kediaman Pasa di Desa Banyulegi, Dawarblandong, Mojokerto, Minggu (12/11/2023).

Dengan didampingi sang Ayah yang juga berprofesi dalang, Didik, bocah berusia 10 tahun itu tampak semringah menerima penghargaan dari FPK.

Kepada wartawan, Didik menceritakan jika putranya yang lebih senang dipanggil Sarijo itu belum genap setahun menyenangi dunia wayang.

Namun, dalam waktu yang cukup singkat tersebut, Pasa berani tampil dalam Festival Dalang Bocah dan berhasil meraih predikat Dalang Cilik Terbaik Jawa Timur 2023.

“Alhamdulillah meski belum satu tahun menyukai dan mau belajar mendalang, Sarijo berhasil menyabet gelar Dalang Terbaik,” ungkapnya.

Sementara itu di tempat yang sama, Ki Bagong Sabdo Sinukarto mengkritisi pelaksanaan Festival Dalang Cilik yang tidak berjenjang. Sehingga juara di tingkat provinsi belum tentu bisa berlaga di tingkat nasional.

Baca Juga : klik disini šŸ‘‡  Cegah Kekerasan dan Pelecehan Anak lewat Pendidikan Seks Sejak Dini

“Jadi dampaknya peserta yang ikut berlaga di tingkat nasional belum tentu lebih baik dari peserta tingkat regional, begitu juga sebaliknya,” terangnya.

Bagong berharap sistem jenjang akan lebih bagus dan akan menghasilkan juara yang benar-benar berbobot, karena sebelum berlaga di tingkat nasional sudah terseleksi di tingkat provinsi.

“Kedepannya, moga ada lomba atau festival yang berjenjang. Akan lebih bagus lagi jika peserta tingkat nasional diambil dari para juara seleksi tingkat provinsi,” pungkasnya.

Jurnalis: Indra

Berita Lainnya

PT.REDAKSI LUMBUNG BERITAĀ 
error: Content is protected !!