Lumbung Berita
NEWS TICKER

FPK Jatim Kupas Kandungan Pancasila dalam Obyek Pemajuan Kebudayaan

Minggu, 30 Mei 2021 | 4:40 pm
Reporter:
Posted by: Redaksi

Pasuruan_Lumbung-berita.com
Forum Pamong Kebudayaan (FPK) Jatim menggelar diskusi budaya di Rumah Budaya Saraswati, Kelurahan Pecalukan, Kecamatan Prigen, Kabupaten Pasuruan, Minggu (30/05/2021).

Ketua FPK Jatim, Ki Bagong Sabdo Sinukarto mengatakan tema diskusi kali ini adalah Menakar Kandungan Pancasila dalam Obyek Pemajuan Kebudayaan.

“Diskusi ini kami gelar dalam rangka menyambut Hari Lahir Pancasila,” ujar pria yang hobi bernyanyi tersebut.

Informasi yang Lumbung Berita terima, diskusi tersebut diikuti oleh seniman dan budayawan dari Surabaya, Gresik, Malang, Batu, Probolinggo, Blitar, Pasuruan dan Sidoarjo.

Tak hanya seniman, para akademisi juga hadir. Diantaranya DR. Autar Abdillah dari Universitas Negeri Surabaya (Unesa) dan DR. Eko Suwargono dari Universitas Jember (Unej).

“Acara ini juga sebagai bentuk pendalaman rasa cinta kepada Pancasila sebagai falsafah bangsa dan dasar negara,” terang Ki Bagong.

Ki Maryani dari Blitar didapuk sebagai pembicara tunggal. Materinya mengupas tentang kandungan Pancasila yang ada dalam 10 Obyek Pemajuan Kebudayaan (OPK) sesuai dengan UU No. 5/2017 tentang Pemajuan Kebudayaan.

Baca Juga : klik disini  Ini Yang Dikatakan SDSB Kepada Kades Sukorejo

Beberapa hasil diskusi itu, sambung Ki Bagong, adalah perlunya ada mata pelajaran PMP di sekolah dan menggerakan semua obyek pemajuan kebudayaan yang bermuatan Pancasila. Baik yang terfokus pada ketuhanan maupun kegotong-royongan.

“Seperti permainan Gobak Sodor yang membutuhkan kekompakan atau persatuan. Kemudian adat istiadat dan ritus yang tetap berpegang pada ketuhanan harus tetap dilestarikan,” jelasnya.

Usai berdiskusi, acara dilanjutkan ke Candi Belahan Sumber Tetek, di Desa Wonosunyo, Kecamatan Gempol, Kabupaten Pasuruan.

Gelaran Macapat dan Tari Religi oleh beberapa penari dari Malang, Surabaya dan beberapa mahasiswa Fakultas Budaya Unesa menjadi penutup serangkain acara tersebut.

Jurnalis : Indra

Berita Lainnya

PT.REDAKSI LUMBUNG BERITA 
error: Content is protected !!