Lumbung Berita
NEWS TICKER

FPK Mojokerto Dikukuhkan di Pendapa Kabupaten

Selasa, 28 Juni 2022 | 2:03 am
Reporter:
Posted by: Redaksi

Mojokerto_Lumbung-berita.com
Forum Pamong Kebudayaan (FPK) Mojokerto resmi berdiri. Peresmian sekaligus pengukuhan pengurus FPK Mojokerto dilaksanakan di Pendapa Kabupaten Mojokerto, Senin (27/6/2022).

Pengukuhan makin terasa sakral karena langsung dilantik oleh Ketua FPK Jatim dan dihadiri oleh Kepala Bakesbangpol Kabupaten Mojokerto sebagai perwakilan Bupati.

Dalam sambutannya, Ketua FPK Jatim, Ki Bagong Sabdo Sinukarto, mengatakan FPK sebagai laboratorium kebudayaan siap menjadi mitra pemerintah.

Selain itu, FPK juga secara terbuka siap menjalin kerjasama dengan lembaga maupun komunitas yang punya kepentingan untuk memajukan kebudayaan.

”Sinergitas antar lembaga kebudayaan dan pemerintah sangat diperlukan untuk kepentingan Pemajuan Kebudayaan” ujarnya.

Sementara itu sambutan Bupati Mojokerto, dr. Ikfina Fahmawati, M.Si disampaikan oleh Nugroho, Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol).

Dalam kesempatan itu, Nugraha mengatakan, Pemkab Mojokerto menyambut baik kehadiran FPK. Hal ini sejalan dengan program Pemkab terkait dengan Pemajuan Kebudayaan.

Lebih rinci Nugraha mencontohkan, dari sisi busana, sudah saatnya ada identitas busana yang bernuansa budaya khas Mojokerto, semisal Blangkon.

Baca Juga : klik disini  Polda Jatim Sita 122 Ton Minyak Goreng Kemasan yang Akan Diekspor Secara Ilegal ke Timor Leste

”Saya banyak mengenal ciri-ciri blangkon dari masing-masing daerah. FPK kami harapkan bisa menggali dan menemukan blangkon khas Mojokerto” harap pejabat asal Ponorogo ini.

Informasi yang diterima Lumbung Berita, Prosesi pengukuhan dikemas artistik. Diawali dengan kirab para pengurus dengan dipandu oleh beberapa penari cantik sebagai “Cucuk Lampah”. Kemudian acara diakhiri dengan pemotongan tumpeng dan hiburan campur sari.

Jurnalis: Indra

Berita Lainnya

PT.REDAKSI LUMBUNG BERITA 
error: Content is protected !!