Lumbung Berita
NEWS TICKER

FPK Soroti Lambang Surya Mojopahit Jadi Tempat Tong Sampah

Senin, 21 Agustus 2023 | 3:42 pm
Reporter:
Posted by: Redaksi

Pasuruan_Lumbung-Berita.com
Perbincangan di kalangan seniman-budayawan terkait lambang Surya Mojopahit menjadi tempat tong sampah mendapat sorotan Forum Pamong Kebudayaan (FPK) Jatim.

Senin malam (21/8/2023), lewat sambungan seluler, Ketua FPK Jatim, Ki Bagong Sabdo Sinukarto menyesalkan tindakan teledor yang diduga terjadi di Kelurahan Sentanan, Kecamatan Kranggan, Kota Mojokerto tersebut.

“Kami selaku Pamong Kebudayaan, sangat menyayangkan pemasangan logo Surya Mojopahit pada tempat tong sampah tersebut,” ujarnya.

Pria berdomisili di Pasuruan ini menerangkan, Surya Mojopahit melambangkan kejayaan kerajaan Majapahit. Tak sepatutnya, sambungnya, simbol kejayaan itu digunakan di tempat tong sampah.

“Saya yakin para pejabat terkait, terutama di tempat tong sampah itu berada sangat paham dengan makna dan arti lambang tersebut,” jelasnya.

Ia kemudian menguraikan, bentuk umum Surya Mojopahit adalah sembilan dewa dan delapan berkas cahaya matahari. Pada bagian lingkaran terdalam menampilkan sembilan dewa Hindu yang dinamakan Dewata Nawah Sanggah.

Dewa-dewa utama berada di bagian tengah dan diatur dalam posisi delapan arah mata angin dan satu berada di tengah.

Baca Juga : klik disini 👇  Lika-Liku Sampah di Randupitu (1): Dari Pempes Terwujudlah Penghargaan

“Ini lambang sarat makna. Makanya kami kecewa ketika tahu bahwa lokasi itu malah berada di Mojokerto. Jelas kami akan bertindak. Kami akan segera berkirim surat untuk klarifikasi,” tegasnya.

Sedangkan salah satu Pengurus FPK Jatim yang berdomisili di Mojokerto, Agus Budiono, akan segera berkomunikasi dengan pihak Kelurahan Sentanan, mengingat di tong sampah tersebut tertulis “DAKEL 2023 KEL SENTANAN”.

“Kami menduga pembuat tempat tong sampah ini adalah Kelurahan Sentanan, kami akan segera klarifikasi terkait hal ini,” ujar budayawan yang juga pengacara ini.

Sementara itu, hingga berita ini selesai ditulis, Lumbung Berita belum berhasil menghubungi pihak-pihak yang diduga pemangku wilayah tong sampah tersebut.

Jurnalis: Indra

Berita Lainnya

PT.REDAKSI LUMBUNG BERITA 
error: Content is protected !!