Lumbung Berita
NEWS TICKER

Fun Day Randupitu, Ajarkan Anak Peduli Lingkungan

Minggu, 10 Desember 2023 | 5:34 am
Reporter:
Posted by: Redaksi

Pasuruan_Lumbung-Berita.com
Acara Fun Day di Desa Randupitu, Kecamatan Gempol, Kabupaten Pasuruan Minggu pagi (10/12/2023) ini mungkin bisa dijadikan contoh bagi panitia-panitia lainnya.

Gelaran ala car free day ini selain memberi hiburan juga mengedukasi peduli lingkungan. Masyarakat yang hadir, diajak peduli terhadap sampah yang berserakan. Bahkan, para tamu undangan, ikut memberi contoh dengan bergerak langsung memungut sampah.

Peduli lingkungan memang menjadi tema yang diangkat dalam Fun Day tersebut. Mulai pagi, anak-anak diajak berlomba mewarnai dengan gambar “bocah membuang sampah”.

Lalu usai mewarnai, anak-anak itu diajak membersihkan sampah-sampah plastik di dekat area panggung. Dengan membawa kantong kresek, mereka dengan cekatan mengambil sisa-sisa makanan dan minuman pengunjung.

“Ini bagus sekali untuk pembelajaran peduli lingkungan sejak dini. Karena kalau bukan dimulai dari kita, mau siapa lagi,” terang Sekretaris Komisi II DPRD Kabupaten Pasuruan, Samsul Hidayat.

Sebagai tamu undangan, Samsul dibuat kagum dengan kemeriahan dan antusias masyarakat Randupitu. Ratusan UMKM yang memadati arena fun day, sambungnya, menandakan geliat ekonomi mulai tumbuh.

Baca Juga : klik disini 👇  Cempaka-Cargill-USAID Luncurkan CITASAMA: Seribu Hektar untuk Seribu Manfaat

“Saya apresiasi masyarakat Desa Randupitu. Fun day ini multi efek. Ekonomi kreatif berjalan, UMKM juga bisa berkembang. Apalagi, setelah acara juga dilakukan bersih-bersih sampah. Geliatnya benar-benar terasa,” ungkapnya.

Apresiasi ini diamini oleh Kades Randupitu, Mochammad Fuad. Menurutnya, tujuan fun day ini memang untuk menggeliatkan kembali ekonomi warga usai dihantam pandemi covid.

“Usai pandemi covid, ekonomi keluarga perlu stimulus untuk bergeliat lagi. Salah satunya dengan menggelar acara ini,” ujar pria yang akrab disapa Fuad tersebut.

Langkah perdana Pemdes Randupitu ini rupanya sukses. Ratusan pelaku UMKM antusias ikut ambil bagian. Pun dengan masyarakat yang hadir. Mulai pukul 06.00, arena fun day sudah dipenuhi pengunjung.

“Sampai kemarin ada 125 pelaku UMKM yang mendaftar. Seluruhnya kami gratiskan. Karena perdana sekaligus test case bagaimana animo masyarakat. Insyaallah kedepannya akan kami usahakan mengadakan lagi,” pungkasnya. (prwr)

Jurnalis: Indra

Berita Lainnya

PT.REDAKSI LUMBUNG BERITA 
error: Content is protected !!