Lumbung Berita
NEWS TICKER

Galang Donasi Semeru, Seniman Tampilkan Reog dan Tari-Tarian

Minggu, 16 Januari 2022 | 6:55 am
Reporter:
Posted by: Redaksi

Pasuruan_Lumbung-berita.com
Suasana Simpang Empat Taman Dayu, Kecamatan Pandaan, Kabupaten Pasuruan, pagi tadi (16/01/2022) layaknya panggung seni budaya.

Beberapa seniman dan budayawan tampak berkumpul menampilkan berbagai kesenian. Tujuannya, menggalang dana untuk korban erupsi Gunung Semeru.

Pantauan Lumbung Berita di lokasi, para seniman yang berasal dari dalam dan luar Pasuruan itu menampilkan beberapa pentas seni. Mulai reog hingga tari-tarian. Lengkap dengan diiringi musik gamelan.

Mulai pagi mereka berkumpul. Atraksi pertama yang ditampilkan adalah reog. Atraksi ini cukup mengundang perhatian pengguna jalan. Banyak pengguna jalan yang mengabadikannya lewat ponsel pintar.

Sambil beratraksi, sebagian seniman lainnya berkeliling ke kendaraan yang berhenti. Mereka menyodorkan kotak kosong untuk menampung donasi dari pengguna jalan.

“Tujuan kami adalah menggalang dana untuk korban erupsi Gunung Semeru. Para pengungsi yang rumahnya hancur pasti membutuhkan uluran tangan demi membangun kembali rumahnya,” ujar salah satu seniman, Bedjo Santoso.

Seniman yang juga jago membuat kendang ini melanjutkan, hasil dari donasi akan dirupakan semen. Rencananya, para seniman akan membawa 100 sak semen ke Lumajang.

Baca Juga : klik disini  Ketua Harian Perkumpulan Media Online Indonesia (MOI), Siruaya Utamawan terpilih menjadi Dewan Pengawas (DEWAS) BPJS Kesehatan

“Rencana kami mau memberikan 100 sak semen. Kalau memang donasinya belum mencukupi, ya kami pentas lagi,” ujar pria yang berdomisili di Gempol tersebut.

Kemungkinan untuk pentas lagi, masih terbuka. Bedjo mengisyaratkan akan menggelar kembali pentas seni. Tentunya dengan para penampil dan lokasi yang berbeda.

“Banyak grup kesenian di Pasuruan. Mungkin tampilan berikutnya dari grup lainnya. Tempatnya juga insyaallah akan ganti-ganti. Prinsipnya, teman-teman seniman siap diajak aksi sosial semacam ini,” pungkasnya.

Jurnalis: Indra

Berita Lainnya

PT.REDAKSI LUMBUNG BERITA