Lumbung Berita
NEWS TICKER

Gebyar Baksos di Hari Ibu ke 95 Bersama IBI di Bangil

Minggu, 17 Desember 2023 | 11:38 am
Reporter:
Posted by: Redaksi

Pasuruan_Lumbung-berita.com
Dalam menyongsong peringatan Hari Ibu ke 95. Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Cabang Kabupaten Pasuruan, bekerjasama dengan Fatayat Pimpinan Cabang Bangil membuka gebyar baksos pelayanan IVA (Inspeksi Visual Asam Asetat) deteksi dini Kanker servix.
Palayanan KB Implant dan KB IUD secara Gratis. Minggu (17/12/2023).

Budi Rahayu Selaku ketua Fatayat PC Bangil menuturkan, pemeriksaan IVA ini sangatlah baik dan perlu sekali, karena kita sebagai wanita di samping menjaga, mendidik, mengasuh anak tetapi juga tidak boleh lupa untuk merawat diri, khususnya kewanitaan bagian dalam itu sangat perlu, karena seorang ibu harus sehat, kuat dan juga bersih luar dalam.

Adapun syarat untuk bisa melakukan pemeriksaan IVA ialah sudah pernah melakukan hubungan suami istri, tidak sedang dalam keadaan menstruasi, sedang tidak dalam keadaan hamil, tidak melakukan hubungan badan dalam jangka waktu 24 jam.

“Sebagai perempuan kan tak harus melakukan perawatan luar saja, namun merawat bagian kewanitaan juga sangat diperlukan. Karena sebagai wanita di samping menjaga, mendidik, mengasuh anak tetapi juga tidak boleh lupa untuk merawat diri,” Ungkap Budi Rahayu.

Baca Juga : klik disini 👇  Lika-Liku Sampah di Randupitu (1): Dari Pempes Terwujudlah Penghargaan

Kegiatan diselenggarakan di tempat praktek IBI, depan Stadion Pogar Bangil. Di ikuti sekitar 50 an masyarakat khususnya kaum hawa, disamping memberikan pelayanan IVA. Mereka juga memberikan santunan bagi anak yatim.

“Alhamdulillah acara ini berjalan lancar dan minat dari anggota fatayat juga masyarakat sangat antusias, kedepan insya allah kegiatan baik ini akan kami teruskan ke tingkat PAC di beberapa kecamatan,” Ungkap wanita penuh seyum ini.

Hal senada juga di utarakan ketua Cabang IBI Pasuruan, Sri Sudarti.SST.Bd.MKes, kami berharap masyarakat bisa memahami arti dari lebih baik mencegah dari pada mengobati dan perlu diketahui khususnya perempuan. Bahwa penyakit kanker serviks, payudara merupakan pembunuh no 1 di kalangan wanita.

“Acara ini sering dilaksanakan IBI agar masyarakat secara luas memahami arti pencegahan dan tidak enggan menjaga diri dari penyakit yang berbahaya. Penyakit kanker serviks dan payudara pembunuh no 1 wanita wanita di Indonesia. KB jangka panjang melindungi kesehatan juga agar bisa mengatur jarak kelahiran,” Ujar Sri Sudarti.SST.Bd.MKes.

Baca Juga : klik disini 👇  Ketum LSM P-MDM (Gus Ujay) Mengapresiasi Kinerja Polsek Purwosari

Jurnalis : SH.

Berita Lainnya

PT.REDAKSI LUMBUNG BERITA 
error: Content is protected !!