Lumbung Berita
NEWS TICKER

Gelar Sarasehan, FPK Kupas Tuntas Ubarampe dan Panggih Manten

Minggu, 13 Agustus 2023 | 1:46 pm
Reporter:
Posted by: Redaksi

Pasuruan_Lumbung-Berita.com
Forum Pamong Kebudayaan (FPK) Pasuruan menggelar sarasehan budaya di Rumah Makan Makoya Pandaan, Kabupaten Pasuruan, Minggu (13/8/2023).

Sarasehan yang didukung oleh Ketua Dewan Kebudayaan Kabupaten Pasuruan (DKKP) Lukas Cahyabuana ini membahas ubarampe dan tata cara panggih manten.

Informasi yang diterima Lumbung Berita, puluhan perias manten dan pranatacara terlihat antusias memperhatikan pemasaran dari pembicara tunggal, Ki Maryani.

Budayawan asal Blitar yang juga pengurus FPK Jawa Timur ini mengupas tuntas berbagai pernak-pernik Ubarampe dan tata cara Panggih Manten.

Diantaranya, makna tentang tumbuh-tumbuhan, filosofi prosesi manten hingga permasalahan orang yang benar-benar layak menjadi “paes manten”.

“Banyak yang belum memahami apa makna dan filosofi Ubarampe yang ada dalam sebuah prosesi Panggih Manten” ujar pencetus kesenian Mandor Jentrung ini.

Bedjo Santoso salah satu MC dari Gempol mengaku puas dan wawasannya semakin luas ketika usai mengikuti acara.

“Terimakasih kepada teman-teman DKKP dan FPK yang sudah memberi edukasi tentang budaya kepada para Panatacara Pasuruan” tutur perajin kendang ini.

Baca Juga : klik disini 👇  Polres Pasuruan Berhasil Menangkap 6 Pelaku Jaringan Pengedar Narkoba, Satu Orang Residivis

Hadir juga ketua FPK Jatim Ki Bagong Sabdo Sinukarto yang sekaligus menyerahkan Piagam Penghargaan kepada pembicara dan peserta sarasehan.

Jurnalis: Indra

Berita Lainnya

PT.REDAKSI LUMBUNG BERITA 
error: Content is protected !!