Lumbung Berita
NEWS TICKER

Gelar Upacara Unik, Warga Bangil Dapat Paket Sembako

Selasa, 17 Agustus 2021 | 10:54 am
Reporter:
Posted by: Redaksi

 

Ibu Sudarti (berkursi roda) khidmat mengibarkan bendera merah putih

Pasuruan,lumbung-berita.com –

Tepat tanggal 17 Agustus 2021, seluruh rakyat Indonesia memperingati hari kemerdekaan yang 76 tahun. Hampir diseluruh penjuru nusantara, dilaksanakan upacara bendera. Tak terkecuali oleh warga RT 03- RW 03 Kelurahan Pogar, Kecamatan Bangil, Kab.Pasuruan.

Sejak pukul 08:00Wib mulai berkumpul yang didahului dengan suara pidato Bung Tomo saat mengobarkan semangat arek-arek Suroboyo. Sembari meneriakan kata Merdeka, 30 warga yang berpakaian seadanya, berlarian dan membentuk formasi barisan dan menggelar upacara bendera di halaman Stasiun Bangil.

Dalam prosesi upacara yang dilakukan oleh warga tersebut, terkesan unik. Ini lantaran peserta upacara berpakaian seadanya dan mempergunakan bahasa jawa timuran saat melaksanakan upacara serta terdapat regu relawan covid, regu nakes, regu pedagang emperan toko dan regu umum (penarik becak).

Seperti yang terdengar saat komandan upacara memberi laporan kepada inspektur upacara dengan meneriakan ” repot, kabeh regu upacara wis siap melaksanakno upacara ngibarno gendero abang-putih, gawe mringati kamardikaan RI sing kaping 76, repotan wis mari”.

Tak hayal dengan menggunakan bahasa jawa timuran tersebut, membuat warga yang menonton gelaran upacara tersebut tertawa dan mengabadikan momen upacara tersebut dengan menggunakan HPnya. Hal lain yang membuat suasana menjadi khidmat, saat pengibaran bendera. Salah satu petugas pengibar bendera (pembawa bendera) yakni Ibu Sudarti (84) seorang putri pejuang kemerdekaan menggunakan kursi roda.

Baca Juga : klik disini  Cegah Covid Meluas, Pemdes Oro-Oro Ombo Kulon Laksanakan Penyemprotan Disinfektan

Polres Pasuruan mengapresiasi giat ini, dimana sesuai dengan aturan yang ada (SE Kemendagri) diperkenankan menggelar upacara HUT RI Ke 76 dengan maksimal peserta 30 orang serta menerapkan prokes, sehingga tidak menimbulkan kerumunan baik pada peserta maupun warga yang menonton”terang Kompol Edith Waka Polres Pasuruan.

Dilanjutkan, walaupun hanya peserta hanya 30 orang. Akan tetapi upacara unik ini cukup khidmat. Untuk itu Bapak Kapolres memberikan apresiasi dengan membagikan paket sembako pada seluruh peserta upacara. 

 Penerbit : red

Berita Lainnya

PT.REDAKSI LUMBUNG BERITA 
error: Content is protected !!