Lumbung Berita
NEWS TICKER

H. Anwar Sadad dan Relawan Aksi Nyata bantu Bangun Rumah Warga Kurang Mampu

Senin, 8 Maret 2021 | 2:23 am
Reporter:
Posted by: Redaksi

Pasuruan.Lumbung-berita.com
Raut kebahagiaan terpancar dari wajah Toha, warga Dusun Rejogunting, Desa Kalirejo, Kecamatan Gondangwetan, Kabupaten Pasuruan. Maklum saja, rumahnya akan dibedah secara gratis oleh Relawan Aksi Nyata yang di naungi Wakil Ketua DPRD Provinsi Jawa Timur Fraksi Gerindra, H. Anwar Sadad M,Ag.

Rumah Toha yang semula semi permanen dan berdinding anyaman bambu akan dibangun menjadi permanen, sehingga layak untuk dihuni bersama keluarganya.

Rencananya, bedah rumah buruh tani itu akan mulai dikerjakan pada Sabtu 08 Maret 2020, dan selama pembangunan penghuni akan tinggal di rumah saudaranya.

Dari pantauan Lumbung-berita.com di lokasi, sejumlah bahan material bangunan seperti batu bata, pasir, kayu, seng dan genting sudah tersedia di lokasi. Rumah Toha memang sangat tidak layak huni.

Rumah anyaman bambu (Gedek) itu berukuran sekitar 4×6 meter persegi, dan lantainya masih berupa tanah. Selain menjadi tempat beristirahat, gubuk reyot itu sekaligus juga menjadi dapur.

Dalam rumah terdapat lincak bambu dan kasur serta bantal yang sudah usang, di dalam rumah reyot itulah Toha beristirahat dan tidur.

Baca Juga : klik disini  Polsek Singosari Ungkap Kasus Curas, Pelakunya Residivis Asal Tajinan

Kondisi tersebut sudah berjalan puluhan tahun, akan tetapi selalu luput dari perhatian pemerintah setempat.

Tidak lupa Toha mengucap syukur kepada Allah SWT, dan mengucapkan terima kasih ke anggota Dewan Provinsi Jawa Timur, H. Anwar Sadad, karena di bantu membedah rumahnya.

“Rumah saya miring pak, dindingnya bolong dan kayunya rapuh semua. Kalau hujan pasti bocor sehingga saya tidak bisa tidur. Kalau ada angin kencang saya keluar karena takut roboh,” Ungkap Toha, Minggu (07/03/2021).

Selama ini Toha hidup bersama keluarga. Hanya hidup bergantung pada pekerjaan buruh tani, terkadang kalau musim panen padi, dirinya suka mengais sisa-sisa padi (Gabah) di sawah orang.

“Gabah yang terkumpul kemudian saya jual lagi, perkilo Rp 2000 ribu pak,” Tambahnya.

Toha berharap pembangunan rumahnya itu bisa berjalan dan lancar dan cepat selesai. Sehingga dirinya bisa menempati rumah yang layak, aman dan nyaman.

“Semoga Bapak Anwar Sadad selalu dikaruniai kesehatan, keselamatan, kebahagiaan, rezeki melimpah dan sukses,” Ucap Toha.

Sementara itu Kepala Desa (Kades) Kalirejo, Kodir, mengatakan bahwa bantuan bedah rumah merupakan bentuk kepedulian dari Wakil Ketua DPRD Provinsi Jawa Timur, Fraksi Gerindra, terhadap warga (Toha) dan keluarga yang tinggal di rumah memprihatinkan dan tidak layak huni.

Baca Juga : klik disini  16 Kasus 23 Tersangka di Ungkap Satreskoba Polres Pasuruan Selama Januari

“Ini merupakan inisiatif Bapak Anwar Sadad dan rekan-rekan relawan Aksi nyata. Dulu kalau saya boleh bercerita sudah dua kali rumah itu diajukan bantuan RTLH ke Dinas Sosial (Dinsos) Pasuruan. Tapi tidak pernah ada lanjut. Alhamdulillah sekarang di bangun pakai dana pribadi bapak Anwar Sadad,” Kata Kades Kalirejo.

Selain bantuan bedah rumah, kata Kodir, pihaknya juga akan memastikan bahwa Toha ini akan mendapatkan Bantuan Sosial (Bansos), baik dari Dinsos maupun Pemerintah Desa (Pemdes) setempat. Doakan ya mas,” Tutup Kodir.

Jurnalis : Yudha.

Berita Lainnya

PT.REDAKSI LUMBUNG BERITA 
error: Content is protected !!