Lumbung Berita
NEWS TICKER

HUT RI Ke 77, Pemdes bersama Tokoh Masyarakat Gelar Upacara di Halaman SDN Sekarpuro

Rabu, 17 Agustus 2022 | 7:00 am
Reporter:
Posted by: Redaksi

MALANG_Lumbung-berita.com
Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia Ke 77, Pemerintah Desa (Pemdes) Sekarpuro Kecamatan Pakis Kabupaten Malang melaksanakan upacara di halaman SDN Sekarpuro. Rabu, (17/08/2022).

Tepat pukul 10:17 Wib waktu setempat, teks Proklamasi Kemerdekaan dikumandangkan oleh salah satu petugas dan menjadikan suasana haru bagi seluruh peserta.

Bertindak sebagai inspektur upacara, Kepala Desa Sekarpuro, Sulirmanto. Sedangkan sebagai pemimpin upacara di isi dari perangkat Desa Sekarpuro.

Upacara tetap menerapkan protokol kesehatan dan diikuti dari perwakilan berbagai unsur yang ada di desa, antara lain Linmas, BPD, LPM, PKK, Ormas dan Tokoh Agama juga Tokoh Masyarakat.

Dalam sambutannya Kepala Desa mengajak masyarakat untuk melaksanakan upacara HUT RI ke 77, dengan tujuan supaya bisa mengenang kembali ke masa lalu.

Dikatakan Sulirmanto, para pejuang dan pahlawan kita diwaktu berjuang tidak mengenal lelah dan bertaruh jiwa serta raga, bahkan meneteskan darah sampai titik darah penghabisan. Demi meraih kemerdekaan Republik Indonesia.

f

“Maka dari itu, disini kami mengajak seluruh warga khususnya warga Desa Sekarpuro untuk bersatu, bahu- membahu agar persatuan dan kebangsaan kita semakin kuat. Kemerdekaan ini bukan milik golongan, tapi juga milik masyarakat Desa Sekarpuro seluruhnya,” ucap Kades Sekarpuro.

Baca Juga : klik disini  Edarkan Pil Logo Y, Warga Malang Dibekuk di Purwosari

Maka dari itu, tambah Sulirmanto, kepada semuanya mari kita isi kemerdekaan dengan mengikuti apa yang dianjurkan pemerintah, agar Negara Indonesia bisa maju. mari kita mengikuti dan mentaati apa yang diperintahkan pemerintah.

Tidak lupa Kepala Desa juga menghimbau agar warga jangan gampang terprovokasi atau terpengaruh, karena di tahun-tahun sekarang banyak pejuang-pejuang yang baru namun untuk mencari musuh. Bukan karena dijajah, tapi mencari musuh karena dari nafsunya sendiri.

“Oleh karena itu, agar tetap waspada baik dalam lingkungan, siapapun yang hadir untuk memprovokasi atau memprovokatori maka segeralah menindaklanjuti atau paling tidak melaporkan ke tingkat RT maupun RW. Demi kesatuan dan persatuan bangsa kita,” tutup Kepala Desa Sekarpuro.

Usai upacara Sulirmanto menjelaskan, pengibaran bendera dan upacara bukan hanya sekedar formalitas, tapi untuk meningkatkan rasa nasionalisme di hati masyarakat. Sehingga dapat menghargai jasa-jasa para pahlawan yang telah berjuang.

“Untuk pertama kalinya kita melaksanakan pengibaran Bendera Merah Putih dan Upacara bersama Warga Desa Sekarpuro, bukan untuk simbolis dan formalitas saja melainkan untuk meningkatkan rasa nasionalisme di hati masyarakat. Sehingga kita semua dapat menghargai jasa-jasa para pahlawan yang telah berjuang untuk Indonesia,” pungkas Sulirmanto.

Baca Juga : klik disini  Kapolres Pasuruan Gelar Doa Bersama dan Santuni Anak Yatim

Upacara HUT RI ke 77, berjalan dengan lancar serta penuh khidmad. Pasalnya, masyarakat Desa Sekarpuro mengikuti upacara dengan serius.

Jurnalis : Sugi.

Berita Lainnya

PT.REDAKSI LUMBUNG BERITA